Pelaksanaan Manajemen Risiko dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa di Mu’allimin PPI 24 Rancaekek

Main Article Content

Eriza Fadillah
Wahyu Hidayat

Abstract

Pada rata-ratanya setiap jiwa maupun lembaga/industri senantiasa berupaya untuk mengurangi apalagi mencegah risiko-risiko yang barangkali terjadi. Karena pada dasarnya setiap manusia maupun lembaga mau merasakan nyaman, bahagia, sejahtera dan tidak merugi. Risiko juga ada di lembaga pendidikan yaitu tujuannya adalah untuk Mengembangkan peserta didik dan itu semua tidak dapat dipungkiri lagi keberadaannya. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen risiko di dalam pendidikan terutama dalam meningkatkan efektivitas belajar dan juga untuk mengetahui betapa pentingnya sebuah risiko itu dikelola. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penilitian kualitatif merupakan pengumpulan informasi pada suatu konteks alamiah beserta maksud menerangkan kejadian yang berlangsung dimana peneliti ialah selaku instrument kunci. Penilitian kualitatif tidak memakai statistik, namun melewati pengumpulan informasi, identifikasi, lalu di jelaskan. Risiko ialah suatu ketidak pastian atau masalah pada suatu individu maupun kelompok. Sifat dari risiko sendiri adalah mutlak artinya tidak dapat dihilangkan maupun di tiadakan. Walaupun sifatnya mutlak tidak dapat di tiadakan maka risiko sendiri bisa dihindari, di minimalisir dan di transfer. Risiko itu selalu dihubungkan dengan hal-hal yang negatif dan tanpa disadari risiko juga menyimpan sisi positifnya.

Article Details

How to Cite
Fadillah, E., & Hidayat, W. (2024). Pelaksanaan Manajemen Risiko dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa di Mu’allimin PPI 24 Rancaekek. Karimah Tauhid, 3(1), 998–1011. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11409
Section
Articles

References

Afifatu Rohmawati. (2015). Efektivitas Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol. 9, No.1

Akbar Bahtiar. (2023). Pengantar Manajemen Risiko. Batam : Cendikia Mulia Mandiri.

Albi Anggito (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi : CV Jejak (Jejak Publisher).

Anam, H. (2023). Manajemen Risiko Operasional Bank Syariah; Teori dan Manfaat. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 5(1), 16-31.

Azahra, S., Astuti, W. D., Rizki, Y. L., Mahira, W. Z., & Yuliana, A. T. R. D. (2022). Implementasi Manajemen Risiko Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pai SMP Negeri 1 Tanjung Raja Sumatera Selatan. Annizom, 7(3), 240-250.

Ferdinandus sampe. (2023). Manajemen Risiko. (2023). Serang : Sada Kurnia Pustaka.

Fitri, T., & Hidayat, W. (2023). Strategi Penerapan Manajemen Risiko Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Kadungora. TA'LIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(02), 1-12.

Harimurti, F. (2006). Manajemen Risiko, Fungsi dan Mekanismenya. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 6(1).

Hinsa siahaan (2013). Manajemen Risiko pada Perusahaan & Birokrasi. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Indrawan Irjus. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Sleman : Deepublish.

Kuanine, M. H., & Harefa, S. (2022). Urgensitas Kompetensi Pedagogik Guru Pak Terhadap Efektivitas Belajar Siswa. SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 3(2), 143-160.

Labombang, M. (2011). Manajemen risiko dalam proyek konstruksi. SMARTek, 9(1).

Lidia susanti. (2023). Guru Kreatif Inovatif Era Merdeka Belajar. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Lionel, E., Leonard, L., Fernando, N., Ong, T., & Septama, V. (2023). Analisis Manajemen Risiko Pada Malaya Cafe. Cemerlang: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 3(1), 251-266.

Mesiono, M., Kesuma, W., Lestario, F., & Harahap, D. (2023). Manajemen Risiko di Perguruan Tinggi Swasta. Journal on Education, 5(3), 8402-8411.

Natalia, F., & Prasetyo, A. H. (2022). Rancangan Implementasi Manajemen Risiko Operasional Pada Sekolah Menengah Kejuruan Pariwisata di Jakarta 2023-2024. Jurnalku, 2(4), 463-481.

Pangestika, M. D. (2018). Pengaruh Literasi Informasi terhadap Efektivitas Belajar Siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 15-22.

Reni maralis (2019). Manajemen resiko. Sleman : Deepublish.

Saadi, F., & Halidjah, S. (2013). Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Toho. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(7).

Sepang, B. A. W., Tjakra, J., Langi, J. E. C., & Walangitan, D. R. O. (2013). Manajemen risiko keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada proyek pembangunan ruko Orlens Fashion Manado. Jurnal Sipil Statik, 1(4).

Sipayung, B., & Ardiani, A. (2022). Manajemen risiko dalam pertimbangan pengajuan pinjaman dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) daerah. KINERJA, 19(4), 666-677.

Siska Yulia Anita. (2023). Manajemen Risiko. Padang : Global Eksekutif Teknologi.

Soleman Kawangmani dan Irawan Budi Lukmono. (2020). Evektivitas Pembelajaran Agama Kristen Melalui Mata Kuliah Pendidikan Agama Kristen Di Perguruan Tinggi Terhadap Pemahaman Mahasiswa Kristen Tentang Gambar Diri‘, Jurnal Gamaliel Teologi Praktika, Vol. 2, No. 1

Suwinardi, S. (2016). Manajemen risiko proyek. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 12(3).

Suyitno, S. (2022). Implementasi Manajemen Resiko dalam Peningkatan Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 141-153.

Tamzizil azizil musdar. (2023). Manajemen Farmasi Rumah Sakit. Padang : Global Eksekutif Teknologi.

Trisita Novianti. (2017). Manajemen Risiko. Malang : Media Nusa Creative

Wena, M. (2015). Manajemen risiko dalam proyek konstruksi. Jurnal bangunan, 20(1-12