Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Tematik Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 Siswa Kelas 2 di SDIT Riyadh El-Jannah Menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan Metode Diskusi dan Media Papan Bangun Datar

Main Article Content

Dwi Astuti

Abstract

Pada pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar menggunakan pembelajaran tematik terpadu yang merupakan penggabungan dari beberapa muatan pelajaran yang tergabung dalam satu pembelajaran. Dalam melaksanakan praktik pembelajaran ada beberapa kesulitan yang dialami oleh penulis seperti materi dan tugas yang kurang sesuai dengan kemampuan belajar siswa. Dengan adanya latar belakang permasalahan menurunnya hasil belajar siswa tingkat Sekolah Dasar, maka solusi dari hal tersebut digunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Rancangan penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan Studi kasus sederhana. Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi dan refleksi. Sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDIT Riyadh El-Jannah yang berjumlah 26 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan secara sistematis mendapatkan hasil yaitu pada pelaksanaan pembelajaran Tematik Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4  dengan penggunaan model koperatif tipe make a match mampu mengoptimalkan proses belajar di kelas salah satunya dapat dilihat hasil belajar siswa meningkat, dari total siswa sebanyak 26 mendapatkan hasil 96% nilainya diatas KKM dan hanya 4% siswa yang memiliki nilai dibawah KKM. Oleh karena itu, diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.

Article Details

How to Cite
Astuti, D. . (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Tematik Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 Siswa Kelas 2 di SDIT Riyadh El-Jannah Menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan Metode Diskusi dan Media Papan Bangun Datar. Karimah Tauhid, 2(6), 3000–3004. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11225
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72. https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034

Lastrijanah, L., Prasetyo, T., & Mawardini, A. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 87-100.

Rismadiani, K. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas Iii Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 3(1), 35-40. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee/article/view/3650

Slameto (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta