Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Mind Mapping

Authors

  • Nur Aini SDS Ananda Islamic School

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11222

Keywords:

Mind mapping, short story, Indonesian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media Mind-mapping terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa. Metode penelitian yang  digunakan adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDS Ananda Islamic School. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 19 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan media Mind-mapping, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia tanpa media Mind-mapping. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes menulis cerita pendek. Perhitungan uji yang berhasil diperoleh siswa kedua kelompok penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa dalam menulis cerpen adalah berbeda dan menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini membuktikan jika penggunaan media mind-mapping didalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk materi menulis cerpen sangat membantu dan berhasil untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Mind-mapping terhadap menulis cerpen siswa.

References

Aliyyah, R. R., & Herawati, H. (2017, June). Upaya meningkatkan hasil belajar ips melalui model pembelajaran kooperatif team assisted individualization. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1).

Aliyyah, R. R. et al. Peningkatan Kondisi Ruang Kelas terhadap Jumlah Peserta Didik di Provinsi Sumatera Utara. Researchgate. Net.

Halni Subalkti, elt all. (2020). Pelngelnallaln Modell Mind Malpping Dallalm Pelmbellaljalraln Melnulis Celrital Pelndelk Di SD Nelgelri 002 Sungali Pinalng Kotal Salmalrindal. Jurnall ALbdimals Binal Balngsal, 1 (1): https://jalbb.lppmbinalbalngsal.id/indelx.php/jalbb/alrticlel/vielw/6

Siti ALinun Prelnjel. (2021). Pelnelralpaln modell mind malppingdallalm pelmbellaljalraln melncelrmalti tokoh celrpelnpaldal siswal kellals iv sd inprels lalsialnaL.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Aini, N. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Mind Mapping. Karimah Tauhid, 2(6), 3005–3014. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11222
Abstract viewed = 15 times