Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran IPA Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan Pada Peserta Didik Kelas IV (Empat) di SDS Islam Al-Istiqra dengan Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Jenis Two Stay Two Stray.

Main Article Content

Muhamad Yusuf

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar pelajaran  IPA  materi pertumbuhan dan perkembangan hewan pada peserta didik kelas IV (Empat) di SDS Islam AL-ISTIQRA, hal ini disebabkan pembelajaran hanya berpusat pada guru, tidak adanya komunikasi atara guru dengan siswa, sehingga pembelajaran bersifat pasif. Penelitian bertujuan meningkatkan hasil belajar  pelajaran  IPA materi pertumbuhan dan perkembangan hewan pada peserta didik kelas IV (empat) di SDS Islam AL-ISTIQRA  dengan implementasi model pembelajaran cooperative learning jenis Two Stay Two Stray (TSTS). Pelaksanaan penelitiaan dilaksanaakan saat semester II tahun pelajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV (empat) sebanyak 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan implementasi model pembelajaran TSTS merupakan strategi pembelajaran yang berhasil guna meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV (empat) di SDS Islam AL-ISTIQRA. Peningkatan ditunjukan pada hasil penelitian siklus I ke siklus II nilai rerata kelas 64,00 menjadi 88,50 dengan persentase ketuntasan dari 55% menjadi 95%.

Article Details

How to Cite
Yusuf, M. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran IPA Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan Pada Peserta Didik Kelas IV (Empat) di SDS Islam Al-Istiqra dengan Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Jenis Two Stay Two Stray. Karimah Tauhid, 2(6), 2993–2999. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11218
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., & Herawati, H. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1)

Aliyyah, R. R., Saraswati, S., Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 317-326.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryanto, Adi dkk. (2018). Evaluasi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.