Inovasi Pendidikan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Menumbuhkan Karakter siswa

Main Article Content

Seli Damayanti yanti
Mega Febrian Sya

Abstract

Inovasi pendidikan dalam pembelajaran telah memberikan warna baru bagi instansi dunia pendidikan, hal ini dikarenakan sudah banyak sekali bentuk inovasi yang sudah dilakukan oleh sekolah sebagai bentuk perubahan untuk dapat meningnkatkan inovasi dalam pendidikan menjadi maju dan berkembang. Inovasi dalam pembelajaran tentunya tidak lepas dari peranan tenaga pendidik seperti kepla sekolah, guru, dan staff pendidik lainnya. Maka peranan tenaga pendidik dalam meningkatkan inovasi pendidikan menjadi lebih berkembang diperlukan semangat serta rasa ingin maju dan berkembang. Inovasi dalam pembelajaran melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dasar dapat meningkatkan karakter pada diri siswa , melalui kegiatan ekstrakurikuler ini secara tidak langsung dapat melihat bagaimana berkembang karakter siswa melalui kegiatan-kegiatan yang terdapat pada ekstrakurikuler. Namun tentunya setiap kegiatan yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan karakter siswa serta minat bakat siswa selalu saja ada kendala yang harus dihadapi salah satunya adalah keterbatasan sarana prasarana dan kurangnya waktu untuk melakukan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektifnya inovasi pembelajaran melalui kegiatan eksrakurikuler dalam meningkatkan karakter pada siswa di SDN Puspanegara 06. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan pendekatan Kualitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumen, wawancara, observasi dan referensi yang relevan seperti buku, jurnal, artikel dan lainnya. Partisipan penelitian ini yaitu guru kelas 5 dan kepala sekolah SDN Puspanegara 06. Kegiatan inovasi yang telah diterapkan disekolah untuk meningkatkan karakter siswa adalah ekstrakurikuler pramuka, dengung dan tahfiz.

Article Details

How to Cite
yanti, S. D., & Sya, M. F. (2024). Inovasi Pendidikan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Menumbuhkan Karakter siswa . Karimah Tauhid, 3(1), 981–988. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11123
Section
Articles

References

Arifudin, O. (2022, Maret). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829-837. doi:https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492

Dongoran, F. (2014, April). Paradigma Membangun Generasi Emas 2025 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. JURNAL TABULRASA PPS UNIMED, 11(1), 61-76.

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022, Juli). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas. Jurnal Pendidikan Guru (JPG), 3(3), 170-178.

Hasibuan, A. F. (2019). Inovasi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Mutu Ekstrakurikuler Di SMP Muhammadiyah 1 Medan. Skripsi, 1-87. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8188

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentinya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of The ICERS, 1(3), 197-204.

Larasati, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Mandiri Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar. Journal Student, 6(5), 381-388.

Nanti, S. (2015). Inovasi Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(1), 21-25.

Oktaviani, Suja,i, Suherman, & Sya. (2023, Januari). Upaya Peningkatan Minat Baca di SDN Cibalung 02 dengan Program Pojok Baca. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 73-80. doi:10.30997/ejpm.v4i1.6623

Prasrihamni, M., Marini, A., Surmilasari, N., & Nafiah, M. (2022, April). Inovasi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 82-88. doi:https://doi.org/10.26618/.jrpd.v5i.7540

Sadia, W. (2013). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidingan Indonesia, 2(2), 209-220. doi:httsp://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2165

Sudrajat, A. (2011, Oktober). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 47-58. doi:https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Yusuf , M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. (Suwito, & I. Fahmi, Eds.) Jakarta: Kencana.

Zainal, A. G., Risnawaty, Isyaku, H., Bai, & Sya, M. F. (2022). The Comparative Effect of Using Original Short Stories and Local Stories at Two Types of Cultural Sources on Indonesian EFL Leaners' Reading Comprehension. Internasional Journal of Society, Culture & Language, 10(1), 143-152. doi:http://dx.doi.org/10.22034/ijscl.2021.247370