Pengaruh Influencer Nikita Kusuma Sebagai Media Promosi di Instagram Terhadap Peningkatan Brand Awareness Produk Baby Foot

Main Article Content

Aurana Putri Pratami

Abstract

Baby Foot adalah salah satu merek yang memanfaatkan influencer sebagai sarana promosi di platform Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan influencer sebagai alat promosi di Instagram terhadap kesadaran merek produk Baby Foot, memahami perspektif konsumen terkait kesadaran merek produk Baby Foot, dan mengukur sejauh mana influencer berpengaruh dalam mempromosikan kesadaran merek produk Baby Foot. Untuk mengungkap hal ini, kami mengumpulkan data jumlah pengikut Baby Foot dengan pendekatan kuantitatif melalui metode survei. Langkah dalam penelitian terdiri dari pengumpulan data, wawancara, analisis data, pengolahan data berdasarkan metode yang digunakan, serta analisis dan evaluasi hasil. Hasil pengolahan data sesuai dengan teori Keller (2013) mengenai kesadaran merek produk Baby Foot menunjukkan bahwa influencer Nikita Kusuma memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran merek Baby Foot di Instagram, terutama dalam hal dua indikator, yaitu pengenalan maupun ingatan terkait merek. Indikator yang paling kuat ialah ingatan merek, yang menunjukkan bahwa produk Baby Foot diingat oleh konsumen sebagai merek perawatan kulit kaki. Analisis mengenai pandangan konsumen terhadap kesadaran merek produk Baby Foot yang dipromosikan oleh influencer Nikita Kusuma di media sosial Instagram memperlihatkan adanya korelasi yang kuat diantara dua variabel, yaitu influencer (variabel independen) maupun kesadaran merek (variabel dependen), yang dikonfirmasi melalui uji heteroskedastisitas dengan hasil nilai probabilitas (Sig) dari variabel influencer sebesar 0.421. Hasilnya menunjukkan bahwa influencer Nikita Kusuma secara positif dan signifikan memengaruhi kesadaran merek produk Baby Foot. Besar pengaruh ini diukur melalui uji regresi linear sederhana, di mana koefisien regresi variabel influencer (X) adalah 0.556, dengan arti variabel influencer naik 1 poin secara signifikan, kesadaran merek (variabel brand awareness) akan meningkat sebesar 0.556.

Article Details

How to Cite
Pratami, A. P. . (2023). Pengaruh Influencer Nikita Kusuma Sebagai Media Promosi di Instagram Terhadap Peningkatan Brand Awareness Produk Baby Foot. Karimah Tauhid, 2(6), 2693–2710. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.10769
Section
Articles

References

Backaler, J. (2018). Digital Influence: Unleash the Power of Influencer Marketing. Switzerland: Springer International Publishing.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th Edition). USA: Pearson Education, Ltd.

Kominfo, A. (2020). Dirjen PPI: Survei Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Bagian Penting dari Transformasi Digital. Retrieved from Kominfo: https://www.kominfo.go.id/content/detail/30653/dirjen-ppi-survei-penetrasi-pengguna-internet- di-indonesia-bagian-penting-dari-transformasi-digital/0/berita_satker

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualifitatif. Dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.