PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINSKU BERBASIS APLIKASI ANDROID DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran merupakan perangkat pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan produk media pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka pada materi mengubah bentuk energi di kelas IV SDN Pakuan Bogor. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian media pembelajaran sainsku berbasis aplikasi android dalam implementasi kurikulum merdeka ini yaitu penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE, tahap awal atau tahap analisis kebutuhan dilakukan dengan menganalisis masalah dasar yang ada pada proses pembelajaran, tahap desain yaitu membuat design media pembelajaran aplikasi berbasis android dengan kerangka storyboards, tahap pengembangan yaitu melakukan pengembangan media pembelajaran aplikasi berbasis android, selanjutnya melakukan validasi oleh ahli materi, media dan bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa dari segi aspek materi yaitu valid layak digunakan dengan revisi dan diperoleh nilai rata-rata yaitu 84%, dari segi aspek media yaitu valid layak digunakan dengan revisi dan diperoleh nilai rata-rata yaitu 87,69%, dan dari segi aspek bahasa yaitu valid layak digunakan dengan revisi dan diperoleh nilai rata-rata yaitu 80%. Selanjutnya melakukan uji coba terbatas (implementasi), pada tahap uji terbatas sebanyak 35 peserta didik memberikan respon sangat baik terhadap media pembelajaran sainsku dengan memperoleh rata-rata 93,21% dalam penggunaan media pembelajaran sainsku dan melakukan evaluasi dengan merevisi produk sesuai dengan masukkan para ahli. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sainsku berbasis aplikasi android dalam implementasi kurikulum merdeka dinyatakan valid, layak dan mudah digunakan serta menarik dalam penggunaannya.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdul Labib, U., & Yolida, B. (2019). Pengembangan Aplikasi berbasis Android yang Terintegrasi dengan Website sebagai Media Pembelajaran Biologi. Jurnal Bioterdidik, 7(5).
Andesti, T., & Jamna, J. (2021). The Influence of the Team Games Tournament (TGT) Learning Model on the Participation Level of Santri in Fiqh Subjects In Islamic Boarding Schools. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(1), 114–122. https://doi.org/10.24036/SPEKTRUMPLS.V9I1.111366
Ansari, A. H., Alpisah, & Yusuf, M. (2022). Konsep dan Rancangan Manajemen Kurikulum Merdeka di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 34–45. https://doi.org/10.20527/TMKM.V1I1.496
Anugraheni, I., & Kristin, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Kurikulum 2013 di Kelas IV Tema 9 Subtema 1. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 285–292. https://doi.org/10.24246/J.JS.2018.V8.I3.P285-292
Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI PROGRAM LINEAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161–170. https://doi.org/10.24127/AJPM.V7I1.1357
Daryanti, D., Desyandri, D., & Fitria, Y. (2019). Peran Media dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 1(3), 215–221. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V1I3.46
Hanafi. (2017). KONSEP PENELITIAN R&D DALAM BIDANG PENDIDIKAN. SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.
Handayani, N. L. P., Suarjana, I. M., & Yudiana, K. (2022). Dakota (dakon matematika) sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan cacah pada siswa kelas iii sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5063–5072. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I5.7230
Hayu, W. W. R., Permanasari, A., Sumarna, O., & Hendayana, S. (2020). Revitalization of Science Teacher Community to Accelerate Competency Achievement of Science Teacher in Urban Area. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042124
Heriyati, T. S. (2022). Adaptasi kurikulum merdeka dengan model pembelajaran berbasis problem solving pada pendidikan agama kristen. INSPIRASI : JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL, 19(2), 713–720. https://doi.org/10.29100/INSP.V19I2.3648
Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119–125. https://doi.org/10.24042/ALIDARAH.V7I1.1112
Lubis, I. R., Solihah, M., Sugiyarto, K. ., & Ikhsan, J. (2015). pengembangan media mobile learning “chemondro” berbasis android sebagai suplemen belajar siswa sma.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/PPD.V1I1.174
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, S. Y., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 5(4), 2199–2208. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahayu, W. R. R. (2016). THE SCIENCE PROCESS SKILL DIVERFICATION OF SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY BASED ON PROJECT BASED LEARNING. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/10.30997/DT.V3I1.313
Rasyid, A., Arif, A., & Kurnia, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Game Android untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 16–22. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/239