Sistem Informasi Pengelolaan Data Inventaris Berbasis Web

Main Article Content

Uus Firdaus
Jihan Fachrani
Risdianto Irawan
Azharudin

Abstract

Inventaris merupakan daftar catatan sistematis dari semua barang, aset, atau item yang dimiliki oleh suatu perusahaan, organisasi, atau individu. Inventaris mencakup informasi detail tentang setiap item, seperti nama, deskripsi, jumlah, nilai, lokasi, dan informasi lain yang relevan. Sebagai perusahaan yang memiliki berbagai jenis barang inventaris, PT Bonet Utama masih menggunakan metode manual dalam pengelolaan data inventaris, seperti penggunaan lembar kerja Excel dan catatan fisik. Metode manual ini menimbulkan beberapa kendala dan tantangan, seperti saat menggunakan lembar kerja Excel dan catatan fisik seringkali menyebabkan kesalahan input data dan ketidak akuratan data inventaris. Maksud dari riset ini guna menciptakan Sistem Informasi Pengelolaan Data Inventaris yang lebih canggih dan terotomatisasi di PT Bonet Utama, dengan pembuatan database sebagai salah satu fokus utama. Penelitian dengan metode Waterfall ini digunakan sebagai perancangan dan strategi pengembangan perangkat lunak. Tahapan metode waterfall; Analisis Kebutuhan, Perancangan, Pengembangan, Pengujian, Implementasi, Pemeliharaan dan Dukungan. Untuk perancangan sistem ini menggunakan usecase diagram, dan desain basis data nya menggunakan entity relationship diagram (ERD). Hasil penelitian implementasi metode waterfall dalam pembuatan sistem informasi ini dapat membantu kinerja dari para pegawai atau staf divisi logistik dan inventaris dalam mengelola data inventaris di PT Bonet Utama. menjadi terotomasi. Sistem informasi pengelolaan data inventaris ini juga dibangun database lokal untuk menyimpan datanya dan di integrasikan pada sistem untuk memudahkan proses pengolahan datanya.

Article Details

How to Cite
Firdaus, U. ., Jihan Fachrani, Risdianto Irawan, & Azharudin. (2023). Sistem Informasi Pengelolaan Data Inventaris Berbasis Web. Karimah Tauhid, 2(4), 1257–1265. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.10032
Section
Articles

References

Firdaus, U., & Utama, D. N. (2020). Balance as one of the attributes in the customer segmentation analysis method: Systematic literature review. Advances in Science, Technology and Engineering Systems Journal, 5(2), XX-YY. ISSN: 2415-6698. Retrieved from www.astesj.com.

Bedah Usaha PT. BONET UTAMA. (2013). Blogspot.com. https://businessideas78.blogspot.com/2013/01/bedah-usaha-pt-bonet-utama.html

Pressman, R.S. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi(Buku Dua). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sasmito, G., Informatika, J., & Bersama, H. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 2(1). https://media.neliti.com/media/publications/101354-ID-penerapan-metode-Waterfall-pada-desain-s.pdf

Sommerville, I. (2011). Software Engineering 9th Edition. Addison-Wesley.

Sugiarti, Yuni. 2013. Analisis dan Perancangan UML (Unified Modelling Language). Yogyakarta: Graha Ilmu

William, Laurie. 2006, Testing Overview and Black-Box Testing Techniques,35- 59.

Setiawan, F., & Manikam, R. M. (2019). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan dan Promosi Bengkel Ban Berbasis Android. Universitas Mercu Buana.

Setiawan, D., Suratno, T., & Lutfi. (2018). Analisis, Desain, dan Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Mobile Berbasis Android. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi.

Rosyid Ridho, F., & Soelistijadi, R. (2019). Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan Ringan Berbasis Object Oriented dengan Metode Waterfall. Dalam Prosiding SENDI_U 2019 (hal. 277). ISBN: 978-979-3649-99-3.

BONET – IT Solution Partner. (2019, December 17). Bonet.co.id. https://bonet.co.id/

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>