Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Audio Visual dan Motivasi Belajar Terhadap IPA di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan strategi berbasis masalah berbantuan audio visual dan motivasi belajar terhadap IPA di Sekolah Dasar pada Gugus Panca Widya Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di dua sekolah dasar yaitu SDN 4 Temiyang dan SDN 1 Temiyang tahun pelajaran 2019-2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan teknik uji t, anova dua jalur serta uji tukey. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA SD antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan audio visual dan siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran LKS. Hal ini didasarkan dari uji statistik anova dua jalur yang menyatakan bahwa Fhitung untuk kategori strategi PBL berbantuan audio visual adalah 67,368 > dari Ftabel yaitu 2,84. (2) Bagi siswa dengan motivasi belajar kuat memiliki hasil belajar IPA SD yang lebih tinggi bila diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan audio visual dibandingkan dengan menggunakan strategi LKS. Hal ini didasarkan dari hasil uji tukey yaitu 12,841 > 2,610. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan audio visual dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA SD pada materi siklus air. Hal ini didasarkan dari uji statistik anova dua jalur yang menyatakan bahwa nilai 127, 368 > 2, 610. Simpulan penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan audio visual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA SD kelas V di Gugus Panca Widya Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu.
Article Details
How to Cite
Mahfudin, M., Cahyani, I., & Adji, S. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Audio Visual dan Motivasi Belajar Terhadap IPA di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 67–85. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.4009
Section
Articles
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

References
Adji, S. S., & Wahyuni, S. (2010). Pembelajaran Problem Based Learning Pada Tutorial Online. Universitas Terbuka.
Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.
Asrori, M. (2012). Psikologi Pembelajaran. Wacana Prima.
Atoel. (2011). Media Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Dirdjosoemarto. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Dupri, D., Nazirun, N., & SM, N. R. (2019). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Journal Sport Area, 4(2), 318. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3760
Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2017). PEMBELAJARAN SAINTIFIK ELEKTRONIKA DASAR BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2). https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4878
Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Hidayat, S. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Pustaka Mandiri.
Jonassen, D. H., & Hung, W. (2008). All Problems are Not Equal: Implications for Problem-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 2(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1080
Makki, A. (2018). Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Melalui Remedial (Telaah Kritis Teori Belajar Burrhus Frederick Skinner). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 13(2).
Ormrod, J. E., Anderman, E. M., & Anderman, L. H. (2013). Educational Psychology: Developing Learners. Merrill.
Pelawi, H. S., & Sinulingga, K. (2016). EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL AND MOTIVATION LEARNING ON LEARNING OUTCOMES IN CLASS X SMA SINAR HUSNI. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 32. https://doi.org/10.22611/jpf.v5i1.3704
Putrawan, I. M. (2017). Pengujian Hipotesis dalam Penelitian-Penelitian. Alfabeta.
Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu (II). Ghalia Indonesia.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Siagian, S. P. (2012). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Rineka Cipta.
Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. RajaGrafindo Persada.
Suprihatin, S. (2015). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Trianto. (2009). Mendesain Strategi Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group.
Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran. Media Abadi.
Yunus, A. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21.
Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.
Asrori, M. (2012). Psikologi Pembelajaran. Wacana Prima.
Atoel. (2011). Media Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Dirdjosoemarto. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Dupri, D., Nazirun, N., & SM, N. R. (2019). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Journal Sport Area, 4(2), 318. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3760
Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2017). PEMBELAJARAN SAINTIFIK ELEKTRONIKA DASAR BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2). https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4878
Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Hidayat, S. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Pustaka Mandiri.
Jonassen, D. H., & Hung, W. (2008). All Problems are Not Equal: Implications for Problem-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 2(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1080
Makki, A. (2018). Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Melalui Remedial (Telaah Kritis Teori Belajar Burrhus Frederick Skinner). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 13(2).
Ormrod, J. E., Anderman, E. M., & Anderman, L. H. (2013). Educational Psychology: Developing Learners. Merrill.
Pelawi, H. S., & Sinulingga, K. (2016). EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL AND MOTIVATION LEARNING ON LEARNING OUTCOMES IN CLASS X SMA SINAR HUSNI. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 32. https://doi.org/10.22611/jpf.v5i1.3704
Putrawan, I. M. (2017). Pengujian Hipotesis dalam Penelitian-Penelitian. Alfabeta.
Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu (II). Ghalia Indonesia.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Siagian, S. P. (2012). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Rineka Cipta.
Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. RajaGrafindo Persada.
Suprihatin, S. (2015). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Trianto. (2009). Mendesain Strategi Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group.
Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran. Media Abadi.
Yunus, A. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21.