Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Audio Visual dan Motivasi Belajar Terhadap IPA di Sekolah Dasar

Main Article Content

Mahfudin Mahfudin
http://orcid.org/0000-0002-4198-9244
Isah Cahyani
Sandra Sukmaning Adji

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan strategi berbasis masalah berbantuan audio visual dan motivasi belajar terhadap IPA di Sekolah Dasar pada Gugus Panca Widya Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di dua sekolah dasar yaitu SDN 4 Temiyang dan SDN 1 Temiyang tahun pelajaran 2019-2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan teknik uji t, anova dua jalur serta uji tukey. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA SD antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan audio visual dan siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran LKS. Hal ini didasarkan dari uji statistik anova dua jalur yang menyatakan bahwa Fhitung untuk kategori strategi PBL berbantuan audio visual adalah 67,368 > dari Ftabel yaitu 2,84. (2) Bagi siswa dengan motivasi belajar kuat memiliki hasil belajar IPA SD yang lebih tinggi bila diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan audio visual dibandingkan dengan menggunakan strategi LKS. Hal ini didasarkan dari hasil uji tukey yaitu 12,841 > 2,610. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan audio visual dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPA SD pada materi siklus air. Hal ini didasarkan dari uji statistik anova dua jalur yang menyatakan bahwa nilai 127, 368 > 2, 610. Simpulan penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan audio visual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA SD kelas V di Gugus Panca Widya Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu.

Article Details

How to Cite
Mahfudin, M., Cahyani, I., & Adji, S. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Audio Visual dan Motivasi Belajar Terhadap IPA di Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 67–85. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.4009
Section
Articles

References

Adji, S. S., & Wahyuni, S. (2010). Pembelajaran Problem Based Learning Pada Tutorial Online. Universitas Terbuka.

Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Asrori, M. (2012). Psikologi Pembelajaran. Wacana Prima.

Atoel. (2011). Media Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Dirdjosoemarto. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Dupri, D., Nazirun, N., & SM, N. R. (2019). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Journal Sport Area, 4(2), 318. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3760

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2017). PEMBELAJARAN SAINTIFIK ELEKTRONIKA DASAR BERORIENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2). https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4878

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Hidayat, S. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Pustaka Mandiri.

Jonassen, D. H., & Hung, W. (2008). All Problems are Not Equal: Implications for Problem-Based Learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 2(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1080

Makki, A. (2018). Peningkatan Efektifitas Pembelajaran Melalui Remedial (Telaah Kritis Teori Belajar Burrhus Frederick Skinner). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 13(2).

Ormrod, J. E., Anderman, E. M., & Anderman, L. H. (2013). Educational Psychology: Developing Learners. Merrill.

Pelawi, H. S., & Sinulingga, K. (2016). EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL AND MOTIVATION LEARNING ON LEARNING OUTCOMES IN CLASS X SMA SINAR HUSNI. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 32. https://doi.org/10.22611/jpf.v5i1.3704

Putrawan, I. M. (2017). Pengujian Hipotesis dalam Penelitian-Penelitian. Alfabeta.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu (II). Ghalia Indonesia.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Siagian, S. P. (2012). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Rineka Cipta.

Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. RajaGrafindo Persada.

Suprihatin, S. (2015). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1). https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Trianto. (2009). Mendesain Strategi Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.

Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran. Media Abadi.

Yunus, A. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21.