Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Prestasi Akademik Siswa di Sekolah
Main Article Content
Abstract
Tujuan dilakasanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi akademik siswa di SDN Tegal Alur 01 Pagi. Metode ex post facto digunakan untuk mengungkapkan keterhubungan antara status sosial ekonomi keluarga dengan prestasi akademik siswa. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan angket. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Populasi pada penelitian ini ada seluruh siswa SDN Tegal Alur 01 Pagi, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jenis non probability sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa prestasi akademik siswa dari status sosial tinggi lebih baik dibanding dengan siswa dari status sosial rendah. Sebanyak 40% siswa dari kelompok status sosial tinggi berada pada kategori prestasi akademik tinggi sedangkan dari kelompok status sosial rendah hanya sebanyak 36% siswa. Perbedaan fasilitas dan partisipasi orang tua dalam mendukung aktivitas belajar menjadi faktor pendukung capaian prestasi akademik siswa dari kelompok status sosial tinggi cenderung lebih tinggi dibandingkan siswa dari kelompok status sosial ekonomi rendah. Oleh sebab itu, terdapat hubungan antara status sosial ekonomi keluarga dengan prestasi akademik siswa di sekolah.
Article Details
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

References
Basrowi, & Juariyah, S. (2012). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.21831/jep.v7i1.577
Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2017). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 11(1).
Diadha, R. (2015). KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161
Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Refika Aditama.
Herawati, T., Pranaji, D. K., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pelaksanaan Fungsi Keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(3), 213–227. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.3.213
Hidayati, S. (2021). OPTIMALISASI FUNGSI KELUARGA SEBAGAI STRATEGI PEMBERANTASAN KORUPSI. Jurnal Keluarga, 7(1).
Hyoscyamina, D. E. (2012). Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.10.2.144-152
Indrawati, E. S. (2015). STATUS SOSIAL EKONOMI DAN INTENSITAS KOMUNIKASI KELUARGA PADA IBU RUMAH TANGGA DI PANGGUNG KIDUL SEMARANG UTARA. Jurnal Psikologi Undip, 14(1). https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.52-57
Nurhayati, S. (2017). PENGARUH KONDISI EKONOMI TERHADAP TINGKAT PENDIDIKAN ANAK DI DESA SINAR TEBUDAK KECAMATAN TUJUH BELAS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(7).
Oktavianingsih, E. (2019). Pengembangan Program Pelibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231
Park, H., Byun, S., & Kim, K. (2011). Parental Involvement and Students’ Cognitive Outcomes in Korea. Sociology of Education, 84(1), 3–22. https://doi.org/10.1177/0038040710392719
Rahmawati, F., Sudarma, I. K., & Sulastri, M. (2014). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2444
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (11th ed.). Erlangga.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Utami, M. N., Hasanah, U., & Tarma, T. (2016). PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER ANTI KORUPSI DALAM KELUARGA TERHADAP KARAKTER ANTI KORUPSI PADA REMAJA. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 3(1), 7–11. https://doi.org/10.21009/JKKP.031.02
Wijianto, W., & Ulfa, I. F. (2016). Pengaruh Status Sosial dan Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Bekerja bagi Remaja Awal (Usia 12-16 Tahun) di Kabupaten Ponorogo. Al Tijarah, 2(2), 190. https://doi.org/10.21111/tijarah.v2i2.742
Zaini, A., Sujito, & Andayani, E. (2015). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MINAT STUDI LANJUT SISWA KELAS XII DI MA MIFTAHUL HUDA CENDONO PURWOSARI KABUPATEN PASURUAN. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(3).