Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Prestasi Akademik Siswa di Sekolah

Main Article Content

Fauziyatul Hamamy

Abstract

Tujuan dilakasanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi akademik siswa di SDN Tegal Alur 01 Pagi. Metode ex post facto digunakan untuk mengungkapkan keterhubungan antara status sosial ekonomi keluarga dengan prestasi akademik siswa. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan angket. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Populasi pada penelitian ini ada seluruh siswa SDN Tegal Alur 01 Pagi, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jenis non probability sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa prestasi akademik siswa dari status sosial tinggi lebih baik dibanding dengan siswa dari status sosial rendah. Sebanyak 40% siswa dari kelompok status sosial tinggi berada pada kategori prestasi akademik tinggi sedangkan dari kelompok status sosial rendah hanya sebanyak 36% siswa. Perbedaan fasilitas dan partisipasi orang tua dalam mendukung aktivitas belajar menjadi faktor pendukung capaian prestasi akademik siswa dari kelompok status sosial tinggi cenderung lebih tinggi dibandingkan siswa dari kelompok status sosial ekonomi rendah. Oleh sebab itu, terdapat hubungan antara status sosial ekonomi keluarga dengan prestasi akademik siswa di sekolah.

Article Details

How to Cite
Hamamy, F. (2021). Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Prestasi Akademik Siswa di Sekolah. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 55–65. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.3573
Section
Articles

References

Amini, M. (2015). PROFIL KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA TK. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10(1).

Basrowi, & Juariyah, S. (2012). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.21831/jep.v7i1.577

Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2017). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 11(1).

Diadha, R. (2015). KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161

Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Refika Aditama.

Herawati, T., Pranaji, D. K., Pujihasvuty, R., & Latifah, E. W. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pelaksanaan Fungsi Keluarga di Indonesia. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(3), 213–227. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.3.213

Hidayati, S. (2021). OPTIMALISASI FUNGSI KELUARGA SEBAGAI STRATEGI PEMBERANTASAN KORUPSI. Jurnal Keluarga, 7(1).

Hyoscyamina, D. E. (2012). Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpu.10.2.144-152

Indrawati, E. S. (2015). STATUS SOSIAL EKONOMI DAN INTENSITAS KOMUNIKASI KELUARGA PADA IBU RUMAH TANGGA DI PANGGUNG KIDUL SEMARANG UTARA. Jurnal Psikologi Undip, 14(1). https://doi.org/10.14710/jpu.14.1.52-57

Nurhayati, S. (2017). PENGARUH KONDISI EKONOMI TERHADAP TINGKAT PENDIDIKAN ANAK DI DESA SINAR TEBUDAK KECAMATAN TUJUH BELAS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(7).

Oktavianingsih, E. (2019). Pengembangan Program Pelibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), 1. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231

Park, H., Byun, S., & Kim, K. (2011). Parental Involvement and Students’ Cognitive Outcomes in Korea. Sociology of Education, 84(1), 3–22. https://doi.org/10.1177/0038040710392719

Rahmawati, F., Sudarma, I. K., & Sulastri, M. (2014). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2444

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (11th ed.). Erlangga.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Utami, M. N., Hasanah, U., & Tarma, T. (2016). PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER ANTI KORUPSI DALAM KELUARGA TERHADAP KARAKTER ANTI KORUPSI PADA REMAJA. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 3(1), 7–11. https://doi.org/10.21009/JKKP.031.02

Wijianto, W., & Ulfa, I. F. (2016). Pengaruh Status Sosial dan Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Motivasi Bekerja bagi Remaja Awal (Usia 12-16 Tahun) di Kabupaten Ponorogo. Al Tijarah, 2(2), 190. https://doi.org/10.21111/tijarah.v2i2.742

Zaini, A., Sujito, & Andayani, E. (2015). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MINAT STUDI LANJUT SISWA KELAS XII DI MA MIFTAHUL HUDA CENDONO PURWOSARI KABUPATEN PASURUAN. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(3).