Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta

Main Article Content

Nur Rohmatul Amaliyah

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengungkapkan penggunaan model pembelajaran 4.0 pada guru SD di wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner dan wawancara. Dalam menganalisis data digunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru belum sepenuhnya menjadi mediator dan inspirator yang aktif dalam pemanfaatan teknologi pada praktik pembelajaran era 4.0 di wilayah DKI Jakarta, kemudian praktik pembelajaran masih berorientasi pada metode konvensional yang berpusat pada guru, evaluasi pembelajaran pun belum berbasis media interaktif karena terbatasnya kemampuan guru dalam memanfaatkan penggunaan aplikasi interaktif berbasis teknologi terbarukan. Kemudian faktor pendorong praktik pembelajaran era revolusi industri 4.0 yaitu tersedianya sarana pendukung pembelajaran berbasis internet, dukungan kepala sekolah dan kemudahan dalam mengakses informasi dan komunikasi. Kemudian faktor penghambat yang ditemukan yaitu terbatasnya kemampuan guru dalam mengaplikasikan teknologi pembelajaran, minat belajar siswa yang rendah dan terbatasnya sarana pendukung yang dimiliki guru.

Article Details

How to Cite
Amaliyah, N. R. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran 4.0 bagi Tenaga Pendidik Sekolah Dasar Jakarta. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 43–54. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.3342
Section
Articles
Author Biography

Nur Rohmatul Amaliyah, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Program Studi Pendidikan Dasar SPs UHAMKA

References

Anggraeni, C. W. (2018). Promoting Education 4.0 in English for Survival Class: What are the Challenges? Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 2(1), 12. https://doi.org/10.31002/metathesis.v2i1.676

GTK, S. (2019). Peran Guru Pada Era Revolusi Industri 4.0. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/peran-guru-pada-era-revolusi-industri-40

Gunawan, I. G. D., Suda, I. K., & Primayana, K. H. (2020). Webinar Sebagai Sumber Belajar di Tengah Pandemi COVID-19. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(2).

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Hartati, M. S. (2019). PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/10.33061/jgz.v7i1.3061

Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Pembelajaraan Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperative (Make-A Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3597

Soenarno, S. M. (2019). Mastery of Pedagogical Content Knowledge for Students of Natural Science Education. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v9i2.2813

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sukartono. (2017). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia. FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Titiana, E. S., Yolandini, B., Wiriyanti, K., & Azizah, N. (2019). Guru Transformers: Pembaharu Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Utomo, S. S. (n.d.). Guru di Era Revolusi Industri 4.0. In Lumbung Pustaka UNY.