ANALISIS PENILAIAN AHLI TERHADAP PROTOTIPE BAHAN AJAR CERITA DONGENG BERWAWASAN NILAI KARAKTER

Cicilia Clara Devi Anggraini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian ahli terhadap prototype bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai karakter. Validasi pakar terhadap prototype ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai karakter bertujuan memperoleh masukan, saran, pendapat, komentar sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan sebelum diujicobakan. Konsultasi dengan pakar dilakukan dalam 3 tahap, yakni: (1) menyampaikan konsep prototype yang disusun dan dilampiri lembar validasi; (2) menerima hasil review baik yang berupa komentar, masukan, dan saran untuk perbaikan; dan (3) menyampaikan prototype berdasarkan hasil reveiw yang disampaikan ke pakar untuk memperoleh persetujuan pakar. Validasi ahli dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu validasi ahli media, validasi ahli materi dan validasi ahli bahasa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket dengan menggunakan metode wawancara mendalam (in depth interview). Uji validitas data menggunakan pengumpulan data Sugiyono yang dilakukan melaluiwawancara mendalam (in depth interview) dan validitas aiken. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi yang diminta menilai kelayakan materi adalah Prof. St. Y. Slamet, M.Pd seorang guru besar di Universitas Negeri Sebelas Maret dan Dwi Sulistyowati, M.Pd seorang guru senior dan kepala sekolah di SD Negeri 6 PurwodadiKabupaten Grobogan hasilnya adalah bahan ajar layak diujicobakan dengan revisi sesuai saran; (2) validasi ahli media yang diminta untuk menilai tampilan dalam bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai karakter adalah Dosen Universitas Negeri Sebelas Maret Dr. Roemintoyo, M.Pd dan Nur Badriah, M.Teach seorang guru sekolah dasar senior di SD Negeri 3 Ngraji, Kabupaten Grobogan hasilnya adalah bahan ajar layak diujicobakan dengan revisi sesuai saran; (3) validasi ahli bahasa yang dimintai menilai kelayakan bahasa yang digunakan dalam bahan ajar cerita dongeng berwawasan nilai-nilai karakter adalah Dr. Rukayah, M.Hum dan D Sri Wahyuni, M.Pd; seorang guru senior dan kepala sekolah di SD Negeri 2 Ngembak Kabupaten Grobogan hasilnya adalah bahan ajar layak diujicobakan dengan revisi sesuai saran.

Keywords

penilaian ahli; bahan ajar, cerita dongeng; nilai-nilai karakter.

Full Text:

PDF

References

Asma, Jamal Mamur. (2014). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Diva Press.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Febriani, Meina. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Dongeng Banyumasbagi Siswa SD Kelas Rendah.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1 (6), 1-8.

Ibnoe. (2016). Mari Mendongeng. Yogyakarta: Zora Book.

Mardiah, dkk. (2016). Pengembangan Modul Membaca Intensif Materi Cerita Petualangan Berbasis Intensif.Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 1 (1), 1115-1119.

Mustari. (2014). Nilai karakter untuk Refleksi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Samani dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Sukardjo M. (2009). Landasan Pendidikan Konsep Dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Tarigan. (2008).Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ulum, Wisda Miftakul. (2014). Pengembangan Pengembangan Buku Teks Membaca Intensif BerbasisKarakter di Sekolah Dasar. Junal Penidikan Humaniora, 2 (2), 130-143.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.