ANALISIS FINANSIAL DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH AMPLANG MENUJUONE VILLAGE ONE PRODUCT
DOI:
https://doi.org/10.30997/jp.v11i2.2212Keywords:
UMKM, amplang, financial, SWOT, OVOPAbstract
The Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) sector in Indonesia has some important roles in development, one of which is MSMEs are able to reduce unemployment due to labor force that is not absorbed in the world of work. One of the village development efforts is through One Village One Product approach. Kauman Village is the center of amplang MSME which is considered by the community to be a typical product of the area and has been operating for years and still exists up to today. Despite being operated for a while, its financial feasibility has not been recognized. In addition, business development strategies are also essential because until now most of these MSMEs still face challenges which one of them is on the marketing aspect. The marketing strategy used is conventional one, which is considered less suitable for today’s digital era. The analytical method used to determine the financial condition ofamplang’s business in KaumanVillage,Ketapang is by calculating the net profit of the business. While the SWOT analysis is used to formulate the amplang MSME development strategy in Kauman Village based on the respondents’ answers on the questionnaires. Based on the results of the financial analysis with net profit calculation, it can be concluded that all amplang MSMEs are feasible to maintain. Meanwhile, according to the results of the SWOT analysis, all amplang MSMEs are positive and in quadrant I which proves that amplangMSMEs are very strong and have a chance to grow and develop.
References
Bank Dunia, 2005, “Mendukung Usaha Kecil dan Menengah”, Policy Brief. Diakses dari http://www.worldbank.or.id
Juanda B. 2009. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Sains. IPB Press. Bogor.
Muhammad S. 2008. Manajemen Strategik Kosep dan Kasus. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.
Pasaribu, Sahat M. 2011. Forum Penelitian Agro Ekonomi. Pengembangan Agro-Industri Perdesaan Dengan Pendekatan One Village One Product (OVOP). Developing Agro-Industry in Rural Areas Using One Village One Product (OVOP) Approach. Volume 29 No. 1, Juli 2011 : 1- 11.
Raliby, Oesman dan Retno Rusdjijati. 2016. Analisis Potensi Unggulan Daerah Kabupaten Magelang Menuju One Vilage One Product . Seminar Nasional IENACO. hlm 769-777.
Rangkuti F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Ikrar Mandiriabadi. Jakarta.
Setiawati, Ira dan Penta Widyartati. Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Seminar Nasional dan Call for Paper 2017 Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No.20 Tahun 2017. Pp.343-347
Setiowati Apriliani Kartika., Widayat dan Jasly By. 2012. Sikap Online Shopping Dan Niat Pencarian Informasi Terhadap Niat dan Perilaku Belanja.Jurnal Manajemen Bisnis. 2(1) pp: 3-8.
Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sri Susilo, Y., 2007. Pertumbuhan Usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Eksekutif, Volume 4, Nomor 2, Agustus 2007 306 –313
Triharini, Meirina., Dwinita Larasati & R. Susanto. 2014. Pendekatan One Village One Product (OVOP) untuk Mengembangkan Potensi Kerajinan Daerah Studi Kasus: Kerajinan Gerabah di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. ITB J. Vis. Art & Des, Vol. 6, No. 1; 29-42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
-
Pengguna diperbolehkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap dalam jurnal ini tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.
Jurnal ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License, yang mengizinkan untuk membagikan, menyalin, dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun selama Anda memberikan kredit yang sesuai kepada penulis asli dan sumbernya, berikan tautan ke lisensi Creative Commons. Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya. Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi. Untuk melihat salinan lisensi ini, kunjungi tautan permanen ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1. Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat Pengaruh Akses Terbuka).Anda bebas untuk:
Bagikan — menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun.
Beradaptasi — me-remix, mengubah, dan membangun materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial.Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.