Pengaruh Pemberian Pakan Alami Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Maanvis (Pterophyllum scalare)

Main Article Content

Agung Agung
Fia Sri Mumpuni
Rosmawati Rosmawati

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui jenis pakan alami yang menunjang kelangsungan hidup dan pertumbuhan yang tinggi untuk benih ikan Maanvis. Penelitian ini menggunakan tiga perlakuan, yaitu A (Tubifex sp. hidup), B (Cacing darah beku), dan C (Daphnia sp. beku). Ikan yang dipergunakan ialah benih ikan Maanvis berukuran 3,0 – 3,5 cm dan diberi pakan secara ad libitum 3 kali sehari. Parameter yang diukur meliputi kelangsungan hidup dan pertumbuhan. Pemberian pakan alami berupa Tubifex sp. memberikan pertumbuhan bobot dan panjang total terbaik yaitu 3,05 g dan 2,64 cm. Pertumbuhan bobot dan panjang total terendah pada perlakuan pemberian pakan Daphnia sp. yaitu 0,61g dan 0,84 cm. Semua perlakuan menghasilkan kelangsungan hidup 100%.

Article Details

How to Cite
Agung, A., Mumpuni, F. S., & Rosmawati, R. (2017). Pengaruh Pemberian Pakan Alami Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Maanvis (Pterophyllum scalare). JURNAL MINA SAINS, 3(1). https://doi.org/10.30997/jms.v3i1.863
Section
Articles