ANALISIS STRATEGI UNTUK PENGEMBANGAN MINAPOLITAN PERIKANAN TANGKAP PPI KARANGSONG YANG EFEKTIF

Main Article Content

Mohamad Sam'un

Abstract

Penetapan minapolitan perikanan tangkap di PPI Karangsong perlu didukung dengan strategi pengembangan yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk merumuskan strategi terbaik bagi pembangunan kawasan minapolitan perikanan Tangkap PPI Karangsong yang efektif. Penelitian ini dilakukan pada Tahun 2015 – 2017 di Desa Karangsong Kabupaten Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT. Faktor internal yang penting dipertimbangkan sebagai kekuaan utama adalah PPI Karangsong  yang memiliki nilai strategis dan ditunjang nelayan yang berjiwa kemaritiman sedangkan kelemahan utamanya adalah bahwa Program Minapolitan sebagai konsep pembangunan memiliki kelemahan.  Faktor eksternal memiliki peluang utama berupa PPI Karangsong ditetapkan sebagai lokasi Minapolitan Perikanan Tangkap dan ancaman utama adalah Permodalan bakul rendah dan TPI luar Indramayu memiliki daya tarik yang lebih tinggi dari Karangsong. Strategi untuk mewujudkan pengembangan minapolitan yang efektif meliputi memanfaatkan Program Minapolitan dan Program Pembangunan Kampung Nelayan Modern , meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan kinerja sistem perencanaa pembangunan minapolitan dengan membangun networking, pemahaman secara utuh dan tepat tentang konsep minapolitan, meningkatkan kinerja organisasi pemerintah dan swasta, melakukan pembinaan dan pemberdayaan aparatur, meningkatkan sarana dan prasarana perikanan tangkap, menghadirkan investor.

Article Details

How to Cite
Sam’un, M. (2020). ANALISIS STRATEGI UNTUK PENGEMBANGAN MINAPOLITAN PERIKANAN TANGKAP PPI KARANGSONG YANG EFEKTIF. JURNAL MINA SAINS, 6(2), 104. https://doi.org/10.30997/jmss.v6i2.3301
Section
Articles

References

Akib H. 2010. Implementasi Kebijakan : Apa, mengapa Bagimana. Adminstrasi Publik. 1(1):1–11.
Apriliani T, Kurniawan T, Hikmah H. 2017. Identifikasi permasalahan dan peluang perbaikan pengembangan kawasan minapolitan di Kabupaten Gowa. J. Sos. Ekon. Kelaut. dan Perikan. 6(2):115–130.
DLH. 2018. Kajian Pantauan Kualitas DAS Cimanuk Di Kabupaten Indramayu. Indramayu: DLH (Dinas Lingkungan Hidup).
GÜREL E, TAT M. 2017. SWOT analysis: a theoretical review. J. Int. Soc. Res. 10(51):954–1006.
KKP. 2013. Pengembangan Kawasan Minapolitan. Jakarta: KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan).
Omat, Soetomo S, Ma’rif S. 2008. Implikasi keberadaan PPI terhadap pertumbuhan kawasan ekonomi perikanan (studi kasus: PPI Karangsong Kecamatan Indramayu Provinsi Jawa Barat). Volume ke-4.
Rangkuti F. 2014. Analis SWOT: Teknik membedah kasus bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Salamah L. 2017. Analisa strengths, weaknesses, opprotunities, and threats (SWOT): peluang dan tantangan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dalam mewujudkan integrasi Asia Tenggara. Masyarakat, Kebud. dan Polit. 30(3):300–309.
Taufiqurokman. 2016. Manajemen Strategik. Jakarta: Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.
Tedi, Nahraeni W, Muarif. 2020. Analisis kelayakan finansial tambak ikan bandeng sistem silvoakuakultur. J. Mina Sains. 6(1):40–47.
Zulham A, Saptanto S. 2012. Kesiapan program dan strategi pengembangan perikanan tangkap laut pada kawasan minapolitan. J. Kebijak. Sos. Ekon. Kelaut. dan Perikan. 2(1):65–76.