Produksi Serum Rabbit Anti-Catfish Terhadap Penyakit Motile Aeromonas Septicemia (MAS) Pada Ikan Patin Siam (Pangasius hypophthalmus)

Main Article Content

Muhammad Bunyamin

Abstract

Penelitian mengenai produksi serum Rabbit Anti-Catfish dengan konsentrasi terbaik telah dilakukan untuk mendeteksi bakteri Aeromonas hydrophila pada ikan patin siam (Pangasius hypophthalmus) menggunakan metode ELISA. Serum ikan patin diambil melalui venacaudaliskemudian diinjeksikan secara sub kutan pada kelinci New Zealand White. MetodeELISA yang digunakan adalah metode indirect dan dilakukan untuk memperoleh konsentrasi RAC yang tepat menggunakan 2 jenis Antigen (Ag) A. hydrophila yang berbeda yaitu berupa pelet dan supernatan. Perbandingan konsentrasi RAC yang digunakan yaitu 1:50, 1:100, 1:200, 1:500, 1:1000, 1:5000. Parameter yang diamati yaitu konsentrasi total protein serum dan serum yang sudah didialisis pada darah ikan patin dan darah kelinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan antara RAC dengan PBS-T yang menghasilkan konsentrasi pengenceran terbaik yaitu 1:5000 untuk antigen pelet dan 1:200 untuk antigen supernatan.

Article Details

How to Cite
Bunyamin, M. (2017). Produksi Serum Rabbit Anti-Catfish Terhadap Penyakit Motile Aeromonas Septicemia (MAS) Pada Ikan Patin Siam (Pangasius hypophthalmus). JURNAL MINA SAINS, 1(1), 24–33. https://doi.org/10.30997/jms.v1i1.15
Section
Articles