PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI PRODUK UMKM BERBAHAN TALAS DI KOTA BOGOR

Authors

  • Titiek Tjahja Andari Universitas Djuanda
  • Ahmad Jaenal Awaludin Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v4i1.1317

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial experiental Marketing terhadap minat membeli produk berbahan talas di Bogor. Sampel  penelitian berjumlah 100 responden yang ditentukan secara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif asosiatif dan alat analisis menggunakan regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara simultan sense, feel, think, act dan relate memberikan pengaruh positif terhadap minat beli. Pengaruh variabel tertinggi adalah variabel act, sedangkan yang terendah adalah variabel feel. Uji signifikansi dengan uji-t menunjukkan feel, think, act dan relate mempunyai pengaruh yang signifikan  terhadap minat beli sedangkan sense tidak berpengaruh signifikan.

Kata kunci : Experiential marketing, sense, feel, think,  act, relate dan minat beli.

References

Abdurrahman, Herdian, 2015. Manajemen Strategi Pemasaran, Bandung: Pustaka Setia
Alma Buchari, 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
, 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
Azwar, Saifuddin, 2007. Sikap Manusia. Teori dan pengukurannya. Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ghozali Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gujarati, Damodar, 2006. Dasar-Dasar Ekonometrika.Jakarta: Erlangga
Hadi, Sutrisno, 1986. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.
Hendarsono Gersom dan Sugiharto Sugiono, 2013.Analisa Pengaruh Experiential Marketing Kepada minat beliUlang Konsumen Cafe Buntos 99 Sidoarjo, Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1,No.2, (2013) 1-8, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Himademalik Celya, 2011, Pengaruh Sikap Konsumen pada Iklan dan Merek Kepada minat beliKonsumen Produk Pasta Gigi Merek Pepsodent (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Bogor), Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda Bogor
Kertajaya Hermawan. 2006. Marketing In Venus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Kotler, Keller. 2012. Marketing Management. New Jersey: Pearson Education.
.2016. Manajemen Pemasaran edisi 12, jilid 1. Jakarta : PT. Indeks
Kotler, Philip and Gray Armstrong. 2009, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, jilid 1, Jakarta: Erlangga
Lemeshow, S., David W.H.Jr. (1997). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Gadjahmada University Press.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta MediaKom
Priyatno, Duwi 2011, Buku Saku Analisis Statistik Data SPSS, Yogyakarta.
Rendy, Devie, 2013 Analisa Pengaruh Activity Based Costing Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Organisasi, JURNAL Business Accounting Review, Vol. 1, No. 2, Akuntansi Bisnis Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Schiffman, L dan Kanuk Leslie L, 2007 Perilaku Konsumen, Jakarta : PT.Indeks Prestice Hall.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2014. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
. 2016. Statistik untuk
Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono Fandy, dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction (ed 3). Yogyakarta: Andi
Vinsensius Tetanoe dan Diah Dharmayanti, 2014, Pengaruh Expereintial marketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening di Breadtalk Surabaya Town Square, Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 2, No.1, (2014) 1-12, Universitas Kristen Petra, Surabaya

Widarjono, Agus. 2015. Analisis Multivariat dengan Program SPSS, AMOS, dan SMARTPLS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Yuningsih Erni, Gemina Dwi, Silaningsih Endang. 2014. Model Pengembangan Wisata Dengan Pendekatan Experiential Marketing Berbasis Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen di Kabupaten Bogor, Laporan Akhir, Universitas Djuanda, Bogor.
Sumber lain:
Badan Pusat Statistik (BPS) 2016. Komoditas Palawija Kota Bogor 2015.
Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor 2016
Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil 2016.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 (Sumber: http://bpkad.natunakab.go.id didownload, 25-01-17/10:45)
http://bpkad.natunakab.go.id/attachments/article/75/Permendagri%209%20Th%202014%20ttg%20Pedoman%20Pengembangan%20Produk%20Unggulan%20Lokal.pdfhttp://kotabogor.go.id/index.php/page/detail/17/produk-nggulan#.WIhQWvB97IU

Downloads

Published

2018-10-11

How to Cite

Andari, T. T., & Awaludin, A. J. (2018). PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI PRODUK UMKM BERBAHAN TALAS DI KOTA BOGOR. Jurnal Visionida, 4(1), 56–65. https://doi.org/10.30997/jvs.v4i1.1317

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 702 times