ANALISIS PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI (REVISIT INTENTION) PADA DESTINASI WISATA KOTA BOGOR

Authors

  • Erni Yuningsih Universitas Djuanda
  • Hardiansyah . Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/jvs.v4i1.1308

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui: 1) gambaran customer experience pada destinasi wisata  kota Bogor, 2) gambaran revisit intention terhadap destinasi wisata kota Bogor, 3) pengaruh customer experience terhadap minat berkunjung kembali (revisit intention) pada destinasi wisata kota Bogor. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara mendalam  dan observasi. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif, regresi berganda, uji F dan  uji-t. Secara simultan variabel comfort, educational, hedonic, novelty, safety dan beauty memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali pada destinasi wisata kota Bogor. Hasil pengujian secara parsial (uji-t) menyimpulkan bahwa faktor comfort, hedonic, novelty, safety  dan beauty berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali (revisit intention), sedangkan faktor educational tidak berpengaruh.

 

Kata Kunci : Customer Experience, Minat Berkunjung Kembali

References

Alma, Buchari. 2001. Manajemen Pemasaran. Cetaka Keenam. Bandung : Alfabeta.
_______.2004.Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.
_______. 2016. Pemasaran Jasa .Cetakan Kedua belas. Bandung : Alfabeta.
Frankel, J dan Wallen, N 1993. How to Design and Evaluate Research in Education (2nd ed). Newyork : Mc. Graw-hill inc.
Fandy, Tjiptono, 2009. Strategi Pemasaran Jasa. Yogyakarta : CV Andi.
Gay, LR dan P.L Diehl 1992, Research Methods for Business Research Methods. Boston : Richard D.Irwin, Inc.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasan, Ali, 2015. Tourism Marketing. Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Husein, Umar. 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. 2016. Data Pariwisata Nusantara. Jakarta : Kemenpar 2016.
Kompas, 2016. Peringkat Daya Saing Indonesia. 12 Juni 2016. Bogor.
Kotler, Heyes, Thomas, Bloom Paul N, (2002),Principles of marketing. Prentice Hall International, Inc.
________, Keler. 2007. Manajemen Pemasaran 1. Edisi Kedua Belas. Jakarta: PT. Indeks.
________. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.
Kuo, Chen – Tsai. (2011).Tourist Satisfaction and Intention To Revisit Sun Moon Lake)
Lin, C.H. 2012.
Effect of Cuisine Experience, Psychologikal Well-Being, And Self-Health Perception on The Revisit Intention of Hot Springs Tourist Journal of Hospitality & Tourism Research, p. 1-22.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta : Salemba Empat.
M. Manulang.2004. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta : Gajah Mada University Pres .
Meyer and Schwager, 2007. Understanding Customer Experience. USA. Harvard Bussines Review 1-12.
Nasir, M. 2003. Metode Penelitian Jakarta : Ghalia Indonesia.
Nazir, Mohammad. 1983. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia..
Oka A, Yoeti, 2008. Ekonomi Pariwisata : Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Jakarta : Kompas.
Priyatno, Duwi. 2011. Buku Saku Analisis Statistika Data SPSS. Yogyakarta : Mediakom.
Rageh, Ahmed, T.C Melewar dan Arch Woodside. 2013.Using Netnography Research Method to Reveal the Underlying Dimension of the Costumer/TouristExperience.Qualitative Market Research: An International Journal Vol. 16 No. 2, pp. 126-149.
Ramli, Soehatman, 2010. Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001. Jakarta: Dian Rakyat.
Schmitt, Bernd, 1999. Experience Marketing : Concept, Frameworks, and Consumer insight.
Smith, Shaun & Wheeler, Joe, (2002), Managing Customer Experience, Turning Customer Into Advocates, Prentice Hall.
Sianipar, (2008). Analisis Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Amazon Sun Plaza Medan. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Sugiyono, 2004.Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
________, 2009.Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
________, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif-Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
________, 2013. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sumarsono, Sonny, 2004. Metode Riset Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: PT. Pradnya Paramita.
Songshan (Sam) Huang dan Cathy H.C. Hsu. 2009.Effect of Travel Motivation, Past Experience, Precevied Constraint, and Atitude on Revisit Intention.
Sunyoto, Danang. 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Edisi Pertama. Yogyakarta : Media Pressindo.
Suwantoro, Gamal, 2004, Dasar-Dasar Pariwisata, Yogyakarta : Penerbit Andi.
Undang –Undang RI Nomor 10 Tahun 2009 mengenai pariwisata. Jakarta.: Kementrian Ekonomi dan Kreatif. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. 2009.
Walter, Ute, B. Edvardsson dan Asa Ostrom. 2010. Drivers of customers service Experience: a studi in the restaurant insdustri . Managing Service Quality Vol.20 No.3,pp.236-258
William, Christine, dan John Buswell, 2003,Service Quality in Leisure And Tourism.CABI Publishing, Chambridge.
Yuniawati, Finardi, (2016). Pengaruh Customer Experience Terhadap Revisit Intention Di Taman Wisata Tangkuban Parahu. Universitas Pendidikan Bandung.
Zeithaml, V.A M.J Binter dan Gremler. 2009. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm, 15th edition. New York : McGraw Hill

Downloads

Published

2018-10-11

How to Cite

Yuningsih, E., & ., H. (2018). ANALISIS PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI (REVISIT INTENTION) PADA DESTINASI WISATA KOTA BOGOR. Jurnal Visionida, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.30997/jvs.v4i1.1308

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 1444 times