Kesulitan Guru Kelas Rendah Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Main Article Content
Abstract
Pendidikan adalah proses perubahan peserta didik untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya dan untuk mengembangkan potensi pada peserta didik. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan rancangan pembelajaran yang perlu dibangun oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ini merupakan aspek penting dalam proses pelaksanaan pembelajaran sehingga pembelajaran akan menjadi lebih efektif.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan kesulitan guru dalam menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di SDN Rancamaya 1. Permasalahan dalam penelitian ini terdiri atas kendala, dan faktor penyebab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualiatif deskriptif, dengan subjek penelitian adalah guru kelas rendah yaitu guru kelas dua yang berjumlah satu orang.dengan Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang mengacu pada konsep Milles dan Hubermen yaitu penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini di lakukan di SDN Rancamaya 1 yang berlokasi di JL. Rancamaya 1 no:23 kec.Ciawi kab.Bogor 1613.berdasarkan hasil dari penelitian saya ini menunjukan bahwasanya guru di SDN Rancamaya 1 memiliki kesulitan dalam menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) meliputi: (1). Terbatasnya fasilitas yang ada di sekolah,(2).alokasi waktu,dan (3). Kendala waktu .dan solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arsad, Ari, M. (2017). Faktor Faktor Penghambat Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. 83, 3–11.
Cantika Dewi, N., Windaningsi, W., & Sobari, T. (2019). pengaruh alokasi waktu pembelajaran bahasa indonesia terhadap minat belajar sisiwa SMK. In Pengaruh Alokasi Waktu Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Minat Belajar Siswa SMK | (Vol. 391).
Fajhriani, D. (2020). Manajemen Waktu Belajar Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid 19. In JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management (Vol. 1, Issue 3).
Gustiansyah, K., Nur, M., & Sobri, W. (2020). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Jurnal Darotuna, 1. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1
Helmi, H., & Sesrita, A. (2021). Pengembangan Modul Pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA Di SD Pendekatan Taoma ( The Act Of Mastery And Application). Journal Fascho in Education Conference-Proceedings, 47(4), 124–134. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x
Maryadi, M., & Nasrudin, N. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Pembelajran Di SD. Jurnal Managemen Pendidikan , 13.
Pamungkas, W. (2023). Desain Riset Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Discovery pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, 24(1), 13–20. https://doi.org/10.33830/jp.v24i1.4823.2023
Puspita, T., & Sesrita, A. (2022). The Influence of Using Animated Learning Media on Students Activities in Natural Science Course. Islamic Journal of Integrated Science Education (IJISE), 1(2), 103–114. https://doi.org/10.30762/ijise.v1i2.278
Rahma, N., & Ritonga, M. (2022). Analisi Kesulitan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar Siswa pada Era New Normal. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(2), 123–133.
Sesrita, A. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui CTL Berasosiasi Teknik Think-Pair-Share.
Sesrita, A., Mawardini, A., & pionita, lik. (2022). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di SDN Babakan Madang 01. In Journal Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 3).
Wiyoko, T., & Munfa ati, M. ati. (2023). Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Number Head Hogether (NHT) dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan, 14.
Wulantari, V., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis kesulitan guru dala pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kurikulum 2013 gugus 1 Kecamatan GERUNG. Primary Education Journal, 2(1), 2021. http://journal.unram.ac.id/index.php/jiwpp/index