Kesulitan Guru Kelas Rendah Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Main Article Content

Afrida Sesrita
Siti Selvia Nurahma

Abstract

Pendidikan adalah proses perubahan peserta didik untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya dan untuk mengembangkan potensi pada peserta didik. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan rancangan pembelajaran yang perlu dibangun oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ini merupakan aspek penting dalam proses pelaksanaan pembelajaran sehingga pembelajaran akan menjadi lebih efektif.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan kesulitan guru dalam menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di SDN Rancamaya 1. Permasalahan dalam penelitian ini terdiri atas kendala, dan faktor penyebab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualiatif  deskriptif, dengan subjek penelitian adalah guru kelas rendah yaitu guru kelas dua yang berjumlah satu orang.dengan Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini  adalah kualitatif yang mengacu pada konsep Milles dan Hubermen yaitu penyajian data dan  kesimpulan. Penelitian ini di lakukan di SDN Rancamaya 1 yang berlokasi di JL. Rancamaya 1 no:23 kec.Ciawi  kab.Bogor 1613.berdasarkan hasil dari penelitian saya ini menunjukan bahwasanya guru di SDN Rancamaya 1 memiliki kesulitan dalam menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) meliputi: (1). Terbatasnya fasilitas yang ada di sekolah,(2).alokasi waktu,dan (3). Kendala waktu .dan solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut

Article Details

How to Cite
Sesrita, A., & Siti Selvia Nurahma. (2023). Kesulitan Guru Kelas Rendah Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 134–142. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i2.8894
Section
Articles

References

Arsad, Ari, M. (2017). Faktor Faktor Penghambat Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. 83, 3–11.

Cantika Dewi, N., Windaningsi, W., & Sobari, T. (2019). pengaruh alokasi waktu pembelajaran bahasa indonesia terhadap minat belajar sisiwa SMK. In Pengaruh Alokasi Waktu Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Minat Belajar Siswa SMK | (Vol. 391).

Fajhriani, D. (2020). Manajemen Waktu Belajar Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid 19. In JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management (Vol. 1, Issue 3).

Gustiansyah, K., Nur, M., & Sobri, W. (2020). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Jurnal Darotuna, 1. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1

Helmi, H., & Sesrita, A. (2021). Pengembangan Modul Pada Perkuliahan Model Pembelajaran IPA Di SD Pendekatan Taoma ( The Act Of Mastery And Application). Journal Fascho in Education Conference-Proceedings, 47(4), 124–134. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x

Maryadi, M., & Nasrudin, N. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Pembelajran Di SD. Jurnal Managemen Pendidikan , 13.

Pamungkas, W. (2023). Desain Riset Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Discovery pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, 24(1), 13–20. https://doi.org/10.33830/jp.v24i1.4823.2023

Puspita, T., & Sesrita, A. (2022). The Influence of Using Animated Learning Media on Students Activities in Natural Science Course. Islamic Journal of Integrated Science Education (IJISE), 1(2), 103–114. https://doi.org/10.30762/ijise.v1i2.278

Rahma, N., & Ritonga, M. (2022). Analisi Kesulitan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar Siswa pada Era New Normal. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(2), 123–133.

Sesrita, A. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui CTL Berasosiasi Teknik Think-Pair-Share.

Sesrita, A., Mawardini, A., & pionita, lik. (2022). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di SDN Babakan Madang 01. In Journal Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 3).

Wiyoko, T., & Munfa ati, M. ati. (2023). Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Number Head Hogether (NHT) dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan, 14.

Wulantari, V., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis kesulitan guru dala pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kurikulum 2013 gugus 1 Kecamatan GERUNG. Primary Education Journal, 2(1), 2021. http://journal.unram.ac.id/index.php/jiwpp/index