Pelatihan Pembelajaran Matematika dengan Microsoft Mathematics Untuk Peningkatan Kompetensi Guru MGMP Matematika SMK Lebak
Main Article Content
Abstract
Guru diwajibkan meningkatkan kompetensinya sebagai pendidik dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kemampuan pedagogik dan professional guru dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi dan Informasi didalam proses pembelajaran berperan penting dalam berinteraksi dan keberhasilan proses kegiatan pembelajaran di kelas. Tujuan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk memberikan wawasan atau pengetahuan, dan keterampilan pemanfaatan Microsoft mathematics dalam pembelajaran matematika pada guru MGMP matematika SMK di Kabupaten Lebak. Saat pelaksanaan pengabdian , peserta pelatihan diberikan materi, tanya jawab kemudian peserta pelatihan secara langsung mempraktekkan pembelajaran matematika dengan menggunakan Microsoft Mathematics. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Rangkasbitung dengan jumlah peserta kegiatan sebanyak 13 guru SMK bidang matematika kabupaten Lebak. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan secara tatap muka (luring) yang terbagi menjadi dua tahap yaitu tahap pemaparan materi dan pendampingan peserta. Hasil dari pelatihan ini mampu meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan Microsoft Mathematics.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Dwiprima,E.M., Krismadinata, C.,Rahmat,H., &Radinal,F. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Tehnologi Informasi dan Komunikasi Melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android,Jurnal Pengabdian Masyarakat,5(2), 102-109. doi:10.24036/jtev.v5i2.106832.
Saebani, B. A., Heryati, Y., & Muhsin, M. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung. CV. Pustaka Setia
Sindi,A., Rahma, Q.,& Sari,H.(2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Memanfaatkan Microsoft Powerpoint Berbantuan Quizziz Kepada Guru MGMP Matematika SMP Pekanbaru.Jurnal of Human and Education,2(1),27-33.
Yantoro, & Ali Idrus. (2020). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Berbasis ITC Pada SMP Negeri 1 Muaro Jambi,Jurnal Pengabdian Masyarat, 2(2),311-325