Menerapkan Rasa Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini

Main Article Content

Rini Anggraeni
Budi Rahman

Abstract

Menerapkan Rasa cinta tanah air pada anak usia dini harus diimplementasikan melalui pendidikan. Tujuan dari Penelitian ini untuk membentuk karakter dan untuk mengetahui pengaruh dari penerapannya serta bertujuan untuk mendeskripsikan rasa cinta tanah air dengan pendidikan karakter. Pada era Globalisasi dengan teknologi informasi dan komunikasi ini sudah tidak bisa di pungkiri bahwa kehidupan sudah terkena imbas globalisasi mulai dari politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Hal ini akan mengurangi rasa cinta tanah air pada anak usia dini, karena sudah terpengaruh dengan budaya luar yang muncul, mulai dari penggunaan gaya berpakaian yang berbeda dengan budaya bangsa sendiri. Generasi Muda yang akan menjadi penerus bangsa seharusnya bisa mempertahankan budayanya yang menjadi penguat bangsa. Maka tanamkan rasa cinta tanah air pada anak sejak usia dini. Hal yang akan didapatkan jika seorang anak sudah mempunyai rasa cinta terhadap bangsanya akan mencintai budaya sendiri dan Bangga menggunakan bahasa daerah. Dengan menerapkan Rasa cinta tanah air sejak usia dini akan menumbuhkan sikap pembelaan terhadap tanah air, menjaga nama bangsa dan melindungi, serta rela untuk berkorban demi bangsa dan bernegara, juga dapat mencintai budaya bangsa sendiri.


 

Article Details

How to Cite
Rini Anggraeni, & Budi Rahman. (2023). Menerapkan Rasa Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 96–101. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i2.7346
Section
Articles

References

(Khayati, 2012; Lismawati et al., 2022; Miranti & Dwiastuty, 2021; Mutiara & Hidayati, 2022; Nurdian et al., 2021; Nurhaliza & Fauziah, 2021; Salsabila et al., 2021; Tema & Lokal, 2022; Wartini et al., 2019; Yanuardianto, 2020)Khayati, E. Z. (2012). Pembelajaran Pendidikan Konsumen Sebagai Sarana Penumbuhan Semangat Cinta Tanah Air Untuk Memperkuat Karakter Bangsa Indonesia. Seminar Nasional 2012 “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi UKG” Jurusan PTBB FT UNY, 1–8.

Lismawati, A., Adya Pribadi, R., & Rahman Hakim, Z. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Dalam Kegiatan Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sdit Al-Muhajirin. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 74–89.

Miranti, I., & Dwiastuty, N. (2021). Penanaman Rasa Cinta Tehadap Tanah Air Melalui Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Pada Level Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(5), 495. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i5.11305

Mutiara, S., & Hidayati, S. W. (2022). Upaya Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Karya Wisata Di Ra Masyithoh Al Munawaroh Seranggede. Jurnal Al-Fitrah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 40–46.

Nurdian, N., Rozana Ulfah, K., & Nugerahani Ilise, R. (2021). Pendidikan Muatan Lokal Sebagai Penanaman Karakter Cinta Tanah Air. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 344. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36414

Nurhaliza, A., & Fauziah, S. P. (2021). Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembuatan dan Pementasan Wayang Kertas Pendidikan anak usia mendasar menempati posisi yang secara baik dan benar . Dalam memberikan pendidikan tentunya harus ditunjang oleh peran . 1. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i2.4393

Salsabila, S. R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peranan Perilaku Cinta Tanah Air melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7792–7800. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2244

Tema, P., & Lokal, B. (2022). JDPP. 10(2).

Wartini, N., Trisiana, A., & Setiawan, M. H. Y. (2019). Upaya Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Melalui Permainan Ular Tangga Di Kelompok Bermain Strawberry. Jurnal Audi, 4(1), 12. https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3028

Yanuardianto, E. (2020). Pembelajaran Edutainment Dalam Penanaman Karakter Cinta Tanah Air Pada Anak Usia Dini di Sekolah Dasar. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(3), 221–242. https://doi.org/10.35719/educare.v1i3.11