Penerapan Media Pembelajaran Finger Counting Pada Metode Jarimatika Di TPA Kampung Cihideung

Main Article Content

Alvina Elma Alma
Elma Ridha Yuliana
Hanrezi Dania
Agung Mutaqien

Abstract

Penggunaan metode jarimatika bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa. Jarimatika sangat mudah diterima siswa, mempelajarinya tidak membebani memori otak dan alatnya selalu tersedia dihadapan siswa. Siswa pada usia 6 tahun samapai 12 tahun hanya mampu berfikir logika jika memecahkan persoalan yang sifatnya konkret atau dengan cara mengamati dan melakukan sesuatu. Oleh sebab itu siswa akan lebih mudah memahami sesuatu yang bersifat visual daripada yang bersifat verbal. Dengan demikian siswa akan mampu mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki setiap siswa. Penerapan metode jarimatika sangat membantu siswa, karena selama ini siswa berhitung perkalian hanya dengan menghapal ataupun penjumlahan secara berulang, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama, selain itu sebagian siswa kurang teliti dalam menjumlahkannya. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media finger counthing dapat membantu anak dalam menghitung perkalian menggunakan Abstrak harus mencerminkan keseluruhan substansi isi artikel dan mampu membantu pembaca untuk menentukan relevansinya dengan minat serta memutuskan apakah akan membaca dokumen secara keseluruhan.

Article Details

How to Cite
Alma, A. E., Yuliana, E. R., Dania, H., & Mutaqien, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Finger Counting Pada Metode Jarimatika Di TPA Kampung Cihideung. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 56–63. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6693
Section
Articles

References

Arsita Dwi Putrid Idiyani, “Pengaruh Pembelajaran Berhitung dengan Jarimatika Terhadap Minat Belajar Anak Usia Sekolah Dasar” Dalam Jurnal Education Psychology, No. 1, Januari 2012, hlm. 11

Hidayati, Nur Alfin. 2021. “Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube.” 7(4):7.

Sadirman, A.S., Rahardjo, R., & Haryono, A. (2009). Media Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suyanto, K.K.E. (2010). English forYoung Learners, Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi. 2012. Format PAUD Konsep,Karakteristik, & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini,Jogjakarta Ar-Ruzz Media.Djamarah, S.B. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Djamarah, S.B & Azwan, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Rustiyah, N.K. 2001. Teknik Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.