Penerapan Media Pembelajaran Finger Counting Pada Metode Jarimatika Di TPA Kampung Cihideung
Main Article Content
Abstract
Penggunaan metode jarimatika bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa. Jarimatika sangat mudah diterima siswa, mempelajarinya tidak membebani memori otak dan alatnya selalu tersedia dihadapan siswa. Siswa pada usia 6 tahun samapai 12 tahun hanya mampu berfikir logika jika memecahkan persoalan yang sifatnya konkret atau dengan cara mengamati dan melakukan sesuatu. Oleh sebab itu siswa akan lebih mudah memahami sesuatu yang bersifat visual daripada yang bersifat verbal. Dengan demikian siswa akan mampu mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki setiap siswa. Penerapan metode jarimatika sangat membantu siswa, karena selama ini siswa berhitung perkalian hanya dengan menghapal ataupun penjumlahan secara berulang, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama, selain itu sebagian siswa kurang teliti dalam menjumlahkannya. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media finger counthing dapat membantu anak dalam menghitung perkalian menggunakan Abstrak harus mencerminkan keseluruhan substansi isi artikel dan mampu membantu pembaca untuk menentukan relevansinya dengan minat serta memutuskan apakah akan membaca dokumen secara keseluruhan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arsita Dwi Putrid Idiyani, “Pengaruh Pembelajaran Berhitung dengan Jarimatika Terhadap Minat Belajar Anak Usia Sekolah Dasar” Dalam Jurnal Education Psychology, No. 1, Januari 2012, hlm. 11
Hidayati, Nur Alfin. 2021. “Peningkatan Keterampilan Pidato Melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube.” 7(4):7.
Sadirman, A.S., Rahardjo, R., & Haryono, A. (2009). Media Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Suyanto, K.K.E. (2010). English forYoung Learners, Jakarta: Bumi Aksara.
Barnawi. 2012. Format PAUD Konsep,Karakteristik, & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini,Jogjakarta Ar-Ruzz Media.Djamarah, S.B. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Djamarah, S.B & Azwan, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Rustiyah, N.K. 2001. Teknik Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.