Pengunaan media flash card sebagai media dalam mengenal huruf abjad pada anak usia dini

Main Article Content

Denisa Puspa Cahya
Yulindah Sari

Abstract

Pendidikan anak sejak dini merupakan tingkat awal pendidikan yang harus ditempuh oleh anak sebelum memasuki sekolah formal, seperti PAUD, TK, maupun RA. Adapun sekolah non formalnya yaitu TPA serta dapat melalui informal yaitu belajar dari keluarga dan lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkemangan anak – anak usia dini atau kelas rendah dalam mengetahui huruf abjad terutama menggunakan media falsh card Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan observasi dan terlaksananya kegiatan Taman Pendidikan Anak (TPA) di posko menghasilkan perubahan yang cukup baik. Selama kegiatan Taman Pendidikan Anak (TPA) antusias anak-anak cukup tinggi, merespon kedatangan kami dengan baik selain itu Pada minggu pertama kemampuan anak-anak dalam mengenal huruf abjad masih sangat rendah.Pada minggu kedua kemampuan anak sudah mulai terlihatPada minggu ketiga ini anak kemampuan anak dalam mengenal dan mengingat huruf abjad sudah cukup baik. Pada minggu ke empat ini kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad sudah terbilang baik.

Article Details

How to Cite
Cahya, D. P., & Sari, Y. (2023). Pengunaan media flash card sebagai media dalam mengenal huruf abjad pada anak usia dini. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6692
Section
Articles

References

Andini, Alvien Nafiul. “PENGARUH 2022. MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 5-6 TAHUN.”

Jurnal Penelitian Anak Usia Dini1(1):1–11. doi:10.18860/jpaui.v1i1.1076.

Febrianto, Kukuh, Via Yustitia, dan Aprianto. 2020. “AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI SEKOLAH DASAR.” Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 16(29):92–98. doi: 10.36456/bp.vol16.no29.a2273.

Hidayati, Nur Alfin. 2021. “Peningkatan Keterampilan Pidato MelaluiMetode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube.” 7(4):7. Hotimah, Empit. “PENGGUNAAN FLASHCARD MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS II MI AR-ROCHMAN SAMARANG.” 04(01):9.

Nawafilaty, Tawaduddin. 2018. “Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A.” JCE (Journal of Childhood Education) 1(1):21–32. doi: 10.30736/jce.v1i1.3.

Rahman, Taopik, Sumardi Sumardi, dan Fitri Fuadatun. 2017. “Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Flashcard.” JURNAL PAUD AGAPEDIA 1(1):118–28. doi: 10.17509/jpa.v1i1.7167.

Wahyuni, Sri. 2020. “Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema ‘Kegiatanku.’” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(1):9. doi: 10.23887/jisd.v4i1.23734.