Pengunaan media flash card sebagai media dalam mengenal huruf abjad pada anak usia dini
Main Article Content
Abstract
Pendidikan anak sejak dini merupakan tingkat awal pendidikan yang harus ditempuh oleh anak sebelum memasuki sekolah formal, seperti PAUD, TK, maupun RA. Adapun sekolah non formalnya yaitu TPA serta dapat melalui informal yaitu belajar dari keluarga dan lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkemangan anak – anak usia dini atau kelas rendah dalam mengetahui huruf abjad terutama menggunakan media falsh card Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan observasi dan terlaksananya kegiatan Taman Pendidikan Anak (TPA) di posko menghasilkan perubahan yang cukup baik. Selama kegiatan Taman Pendidikan Anak (TPA) antusias anak-anak cukup tinggi, merespon kedatangan kami dengan baik selain itu Pada minggu pertama kemampuan anak-anak dalam mengenal huruf abjad masih sangat rendah.Pada minggu kedua kemampuan anak sudah mulai terlihatPada minggu ketiga ini anak kemampuan anak dalam mengenal dan mengingat huruf abjad sudah cukup baik. Pada minggu ke empat ini kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad sudah terbilang baik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Andini, Alvien Nafiul. “PENGARUH 2022. MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 5-6 TAHUN.”
Jurnal Penelitian Anak Usia Dini1(1):1–11. doi:10.18860/jpaui.v1i1.1076.
Febrianto, Kukuh, Via Yustitia, dan Aprianto. 2020. “AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DI SEKOLAH DASAR.” Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 16(29):92–98. doi: 10.36456/bp.vol16.no29.a2273.
Hidayati, Nur Alfin. 2021. “Peningkatan Keterampilan Pidato MelaluiMetode Demonstrasi Berbantuan Unggah Tugas Video di Youtube.” 7(4):7. Hotimah, Empit. “PENGGUNAAN FLASHCARD MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS II MI AR-ROCHMAN SAMARANG.” 04(01):9.
Nawafilaty, Tawaduddin. 2018. “Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A.” JCE (Journal of Childhood Education) 1(1):21–32. doi: 10.30736/jce.v1i1.3.
Rahman, Taopik, Sumardi Sumardi, dan Fitri Fuadatun. 2017. “Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Flashcard.” JURNAL PAUD AGAPEDIA 1(1):118–28. doi: 10.17509/jpa.v1i1.7167.
Wahyuni, Sri. 2020. “Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema ‘Kegiatanku.’” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(1):9. doi: 10.23887/jisd.v4i1.23734.