Penerapan Media Flash Card Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Di Yayasan Ibnu Sina
Main Article Content
Abstract
Dalam Yayasan terdapat anak anak yang membutuhkan perhatian salah satunya dalam Pendidikan. Bahasa Arab merupakan Bahasa Al-quran. Sehingga sepatutnya kita seorang muslim mempelajari dan menguasai Bahasa tersebut, bahkan ada Sebagian ulama mewajibkan umat muslim untuk mempelajari Bahasa Arab. Oleh karena itu peneliti mencoba memberikan pengabdian kepada Yayasan berupa pengajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lebih tepatnya mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat induktif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan program pengabdian ini yaitu pengajaran bahasa Arab berjalan setiap hari jum’at di setiap pekannya. Mengajarkan kurang lebih 10-15 anak yang berusia 5-10 tahun. Anak-anak merasa senang selama kegiatan belajar berlangsung, karena terdapat visual yang disajikan dalam flash card. Sehingga membuat anak anak nyaman dengan visual tersebut. media flash card, dapat membantu proses belajar anak dalam memahami materi bahasa arab yang telah diberikan. Padahal sebelumnya mereka belum pernah mendapatkan materi pembelajaran bahasa Arab. Mereka senang karena visual yang ada pada flash card. Untuk kedepannya akan diupayakan pembelajaran dilaksanakan dua kali pertemuan dalam sepekan, untuk memaksimalkan kinerja sehingga hasilnya akan lebih memuaskan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Helmanto, F. (2020). Flashcard: Belajar Mufrodat Bahasa Arab Semakin Menantang. Tatsqif, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 141-151.
Kusumawati, M. (2016). Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang Untuk Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Asem Jajar-Surabaya. . Teknologi Pendidikan, 24-32.
Mustofa Abi Hamid, D. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Kita Menulis.
Pascalian Hadi Pradana, F. G. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal Of Education And Instruction, 25-31.
Romli, M. (2021). Efektivitas Media Flashcard Terhadap Pemahaman Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Di Mts. Nurul Huda Ketambul, Tuban. Skripsi.