Penerapan Media Flash Card Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Di Yayasan Ibnu Sina

Main Article Content

Agung Mutaqqien
Vazrin Agustin Amih
Masrifah Nasution

Abstract

Dalam Yayasan terdapat anak anak yang membutuhkan perhatian salah satunya dalam Pendidikan. Bahasa Arab merupakan Bahasa Al-quran. Sehingga sepatutnya kita seorang muslim mempelajari dan menguasai Bahasa tersebut, bahkan ada Sebagian ulama mewajibkan umat muslim untuk mempelajari Bahasa Arab. Oleh karena itu peneliti mencoba memberikan pengabdian kepada Yayasan berupa pengajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Lebih tepatnya mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat induktif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan program pengabdian ini yaitu pengajaran bahasa Arab berjalan setiap hari jum’at di setiap pekannya. Mengajarkan kurang lebih 10-15 anak yang berusia 5-10 tahun. Anak-anak merasa senang selama kegiatan belajar berlangsung, karena terdapat visual yang disajikan dalam flash card. Sehingga membuat anak anak nyaman dengan visual tersebut. media flash card, dapat membantu proses belajar anak dalam memahami materi bahasa arab yang telah diberikan. Padahal sebelumnya mereka belum pernah mendapatkan materi pembelajaran bahasa Arab. Mereka senang karena visual yang ada pada flash card. Untuk kedepannya akan diupayakan pembelajaran dilaksanakan dua kali pertemuan dalam sepekan, untuk memaksimalkan kinerja sehingga hasilnya akan lebih memuaskan.

Article Details

How to Cite
Agung Mutaqqien, Amih, V. A., & Masrifah Nasution. (2023). Penerapan Media Flash Card Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Di Yayasan Ibnu Sina. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 162–169. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i2.6674
Section
Articles

References

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Helmanto, F. (2020). Flashcard: Belajar Mufrodat Bahasa Arab Semakin Menantang. Tatsqif, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 141-151.

Kusumawati, M. (2016). Pengembangan Media Flashcard Tema Binatang Untuk Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Asem Jajar-Surabaya. . Teknologi Pendidikan, 24-32.

Mustofa Abi Hamid, D. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Kita Menulis.

Pascalian Hadi Pradana, F. G. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal Of Education And Instruction, 25-31.

Romli, M. (2021). Efektivitas Media Flashcard Terhadap Pemahaman Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Di Mts. Nurul Huda Ketambul, Tuban. Skripsi.