Festival Muharram Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Kreatif dan Partisipatif (MASKERTIS)

Authors

  • Imam Kurniawan Universitas Djuanda
  • Siti Salma Nadhira Aulia Hidayat Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.6603

Keywords:

Festival Muharram, Masyarakat Kreatif, Masyarakat Partisipatif

Abstract

Pengabdian masyarakat diimplemtasikan melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Berdasarkan Pasal 20 ayat 2 dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pada tahun ini pelaksanaan KKN bertepatan dengan bulan Muharram yang merupakan salah satu nama bulan dalam penanggalan Hijriyah.  Berdasarkan hasil observasi  di kampung Belendung  ditemukan beberapa permasalahan, diantaranya yaitu 1) tingkat pendidikan formal yang masih sedikit, 2) tidak adanya sarana kreativitas bagi remaja, anak-anak, dan masyarakat, 3) tidak adanya program khusus terkait kreativitas remaja dan anak-anak 4)  kurangnya antusias masyarakat terhadap kegiatan sosial terkhusus dengan kegiatan yang memerlukan anggaran besar, 5) tidak adanya penggerak atau aktivis kreativitas masyarakat. berdasarkan permasalahan tersebut penulis tertarik untuk membuat kegiatan Festival Muharram sebagai solusi dari permasalahan tersebut, dengan rangkain kegiatan zikir dan do’a bersama, pelombaan, penampilan, dan pawai obor. Dilihat dari hasil pelaksanaan Festival Muharram yang baik dan memberikan dampak positif serta antusias masyarakat yang tinggi dengan demikian kegiatan festival Muharram ini berhasil menjadi stimulus dalam mewujudkan masyarakat kreatif dan partisipatif (MASKERTIS).   

References

Anggraeni, K. D. (2018). Perlombaan Festival Anak Sholeh Masjid Alhidayah Sebagai Upaya Untuk Menumbuhkan Kreativitas Dan Meningkatkan Partisipasi Warga Perumahan Perwita Regency. Jurnal Pemberdayaan:

Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 117.

https://doi.org/10.12928/jp.v1i2.2 98

Banjarsari, P. D. (2020). Profil Desa Banjarsari.

Budiana. (2013). Penggunaan Teknik Cerdas Cermat Meningkatkan Untuk Kemampuan Menyampaikan Pendapat Siswa Kelas VIII 3 SMP Laboraturium Undiksha Singaraja. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(5), 1-16.

Fuad. (2013). Muharram bagian dari Al Asyhurul Hurum. NU Online.

Kamil, I. (2021). Pengaruh Public Speaking Terhadap Kepercayaan Diri Dan Kinerja Pelaku Bisnis

Sektor Usaha Menengah Kecil Mikro (Umkm) Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi dan New Media, 1(1), 23–34.

Kemendikbud. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (5) kbbi.kemendikbud.go.id.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Kurniawan, I. ., & Hidayat, S. S. N. A. . (2024). Festival Muharram Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Kreatif dan Partisipatif (MASKERTIS) . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 165–173. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.6603