Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 5 Madrasah Ibtidayyah Ulil Amri

Main Article Content

Siti Sahidah
Atik Dwi Purwanti

Abstract

Pendidikan merupakan gerbang utama untuk menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas dan unggul, termasuk di dalamnya yaitu mempelajari bahasa asing. Dalam prosesnya, mempelajari bahasa asing, terutama bahasa Arab, setiap siswa pasti mengalami kesulitan belajar, karena mereka mempelajari bahasa yang sangat jarang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil pengamatan di MI Ulil Amri, menunjukkan bahwa para siswa cukup antusias dalam pelajaran bahasa Arab, namun mereka mengalami kesulitan dalam mengingat kosa kata. Oleh karena itu, metode bernyanyi kosa kata anggota tubuh dalam bahasa Arab diterapkan agar siswa dapat dengan mudah menghafal dan mengingat kosa kata anggota tubuh. Penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di kelas 5 MI Ulil Amri melibatkan beberapa Maharah (keterampilan belajar bahasa Arab), yaitu Maharatul Kitabah, Maharatul Istima’, Maharatul Qiraah, langkah terakhir yaitu penerapan bunyi dan pengamatan  tulisan bahasa Arab ke dalam nada/lagu untuk dinyanyikan. Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan syair-syair yang dilagukan. Biasanya syair/lirik yang digunakan disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Dengan bernyanyi, anak dapat meluapkan rasa gembira, suka cita, dan suatu yang menyenangkan. Penerapan metode bernyanyi kosa kata anggota tubuh dalam bahasa Arab cukup memudahkan siswa dalam menghafal kosa kata bahasa Arab, khususnya anggota tubuh. Rekomendasi untuk langkah selanjutnya, bisa menggunakan gerakan saat menyanyikan kosa kata anggota tubuh dalam bahasa Arab, sehingga lebih efektif dan siswa semakin bersemangat dalam belajar menghafal kosa kata bahasa Arab, terutama kosa kata anggota tubuh.

Article Details

How to Cite
Sahidah, S., & Dwi Purwanti, A. (2023). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 5 Madrasah Ibtidayyah Ulil Amri . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 49–55. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6598
Section
Articles

References

An-Nadwy, S. (2020). Pembelajaran Imla' Efektif dan Aplikatif. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Ingsih, K., Ratnawati, J., Nuryanto, I., & Astuti, S. D. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER: Alat Peraga Edukatif Media Interaktif. Yogyakarta: Deepublish.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (t.thn.). Diambil kembali dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): https://kbbi.web.id/metode.html

Katoningsih, S. (2021). Keterampilan Bercerita. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Purwokerto: CV IRDH.

Qomaruddin, A. (2017). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradat. Jurnal Kependidikan, Vol.5 (1) , 20-28.

Sanwil, T., Utami, R., Hidayat, R., Ahyar, D. B., Rahmi, S., Bukhori, E. M., et al. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab untuk Siswa SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Wijaya, J. I. (2020). How to Teach Arabic? Metode, Strategi, Evaluasi, Model, dan Permainan Pengajaran Bahasa Arab. Bogor: Guepedia.