Pelatihan Ms.Word pada Siswa Kelas V MI Miftahul Ulum dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum

Main Article Content

Nayelli Mi'raz Samba
Aditya Saputra

Abstract





Siswa kelas V MI Miftahul Ulum akan menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Secara Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional dilaksanakan Berbasis Komputer yang bisa dilakukan secara full online, semi online dan offline tapi tidak direkomendasikan dan Bersifat Adaptif, yaitu pertanyaan yang disajikan bergantung pada kemampuan siswa. Namun tidak adanya matapelajaran khusus dan ekstrakulikuler tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta tidak adanya guru pengampu khusus TIK menyebabkan sebagian besar siswa tidak bisa mengoperasikan ms.word bahkan komputer. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh MI Miftahul Ulum, maka kegiatan pengabdian ini difokuskan pada pengenalan penggunaan aplikasi ms.word untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran khususnya untuk menghadapi AKM. Sasaran lebih difokuskan pada siswa kelas V yang akan menempuh AKM tersebut. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab dan praktek langsung. Indikator capaian adalah 100% siswa-siswa kelas V dapat menggunakan aplikasi ms.word untuk membantu proses belajar. Dari hasil evaluasi saat pengabdian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang dilakukan memiliki tingkat efektivitas yang tinggi berkisar 80%-90,5%. Konteks tingkat efektivitas yang tinggi adalah didasarkan pada keberhasilan peserta pelatihan mampu menyelesaikan setiap soal yang diberikan pada setiap pelatihan mulai dari bentuk teks, font, paragraf, dan penyimpanan data.





Article Details

How to Cite
Samba, N. M., & Saputra, A. (2023). Pelatihan Ms.Word pada Siswa Kelas V MI Miftahul Ulum dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 22–30. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6588
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahsani, E. L. F., & Mulyani, S. E. (2020). Penerapan E-Learning Berbasis Distance Learning untuk Mengembangkan Life Skill. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 115–120. https://doi.org/10.21831/didaktik a.v3i2.34805

Akhmadi, A. N., Qurohman, M. T., & Syarifudin. (2018). Peningkatan Kompetensi Auto CAD Bagi Siswa SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15–21. http://dx.doi.org/10.30591/japhb. v1i1.683

Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019).

MENINGKATKAN

BELAJAR SISWA PEMANFAATAN

BELAJAR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42–45. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i 2.887

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode

penelitian

penelitian

memberikan

prediksi,inovasi dan juga dasar-dasar teoretis bagi pengembangan pendidikan (Cet-10). Remaja Rosdakarya.

pendidikan: Metode pendidikan/penelitian deskripsi, eksplanasi,

Sutarmi, K., & Suarjana, I. M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75–82. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2. 10141