Pelatihan Ms.Word pada Siswa Kelas V MI Miftahul Ulum dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum
Main Article Content
Abstract
Siswa kelas V MI Miftahul Ulum akan menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Secara Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional dilaksanakan Berbasis Komputer yang bisa dilakukan secara full online, semi online dan offline tapi tidak direkomendasikan dan Bersifat Adaptif, yaitu pertanyaan yang disajikan bergantung pada kemampuan siswa. Namun tidak adanya matapelajaran khusus dan ekstrakulikuler tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta tidak adanya guru pengampu khusus TIK menyebabkan sebagian besar siswa tidak bisa mengoperasikan ms.word bahkan komputer. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh MI Miftahul Ulum, maka kegiatan pengabdian ini difokuskan pada pengenalan penggunaan aplikasi ms.word untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran khususnya untuk menghadapi AKM. Sasaran lebih difokuskan pada siswa kelas V yang akan menempuh AKM tersebut. Kegiatan dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab dan praktek langsung. Indikator capaian adalah 100% siswa-siswa kelas V dapat menggunakan aplikasi ms.word untuk membantu proses belajar. Dari hasil evaluasi saat pengabdian, dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang dilakukan memiliki tingkat efektivitas yang tinggi berkisar 80%-90,5%. Konteks tingkat efektivitas yang tinggi adalah didasarkan pada keberhasilan peserta pelatihan mampu menyelesaikan setiap soal yang diberikan pada setiap pelatihan mulai dari bentuk teks, font, paragraf, dan penyimpanan data.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
DAFTAR PUSTAKA
Ahsani, E. L. F., & Mulyani, S. E. (2020). Penerapan E-Learning Berbasis Distance Learning untuk Mengembangkan Life Skill. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 115–120. https://doi.org/10.21831/didaktik a.v3i2.34805
Akhmadi, A. N., Qurohman, M. T., & Syarifudin. (2018). Peningkatan Kompetensi Auto CAD Bagi Siswa SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15–21. http://dx.doi.org/10.30591/japhb. v1i1.683
Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019).
MENINGKATKAN
BELAJAR SISWA PEMANFAATAN
BELAJAR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42–45. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i 2.887
Sukmadinata, N. S. (2015). Metode
penelitian
penelitian
memberikan
prediksi,inovasi dan juga dasar-dasar teoretis bagi pengembangan pendidikan (Cet-10). Remaja Rosdakarya.
pendidikan: Metode pendidikan/penelitian deskripsi, eksplanasi,
Sutarmi, K., & Suarjana, I. M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75–82. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2. 10141