Penyuluhan Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Di Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi

Main Article Content

Siti Salbiah
Rina Amelia
Raden Ali Pangestu

Abstract




Gawai pada saat ini sangat berperan penting bagi kehidupan manusia guna berkomunikasi, memperbanyak relasi, menambah wawasan, bahkan pada saat ini gawai sudah digunakan untuk media belajar online. Tetapi di sisi lain, terjadi hal yang sebaliknya dan mengacu kepada hal yang negatif dikarenakan anak - anak belum mengetahui akan fungsi serta penggunaan yang benar dan tepat. Sehingga menimbulkan dampak negatif juga muncul dalam pemanfaatan gawai terutama bagi kalangan anak-anak. Pengabdian masyarakat dalam rangka penyuluhan ini dilakukan di Kp. Cukanggaleuh RW 04 Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi yang bertujuan sebagai salah satu upaya kami sebagai mahasiswa dalam meminimalisir pengaruh gawai di kalangan anak – anak terutama anak -anak tingkat Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pendekatan sosialisasi yaitu ceramah. Adapun hasil dalam kegiatan penyuluhan penggunaan gawai, antara lain: 1) Gunakan gawai seoptimal mungkin sesuai dengan kebutuhan pengguna, jangan sampai lupa waktu dan kurang bersosialisasi 2) Dampak negatif dari penggunaan gawai pada anak, ) Cara mencegah dari kecanduan gawai.




Article Details

How to Cite
Salbiah, S., Amelia, R., & Pangestu, R. A. (2023). Penyuluhan Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Di Desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 13–21. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6579
Section
Articles
Author Biography

Siti Salbiah, Universitas Djuanda Bogor

Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Islam Universitas Djuanda Bogor

References

Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). Dampak penggunaan gadget bagi perkembangan sosial anak sekolah dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86-91.

Hidayah, N., Nashoih, A. K., Asyari, T. R., & Chumaidi, A. (2021). Sosialisai Edukasi Smartphone terhadap Anak “Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Smartphone pada Anak”. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 23-26.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Andayati, D. (2022). Edukasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget dan Media Internet yang Berlebihan Bagi Anak-anak. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 69-77.

Sutriyatna, E. (2020). Sosialisasi Dampak Penggunaan Gadget terhadap Anak-Anak (Studi Kasus Warga RW. 05 Kelurahan Pondok Petir). KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Yanizon, A., Rofiqah, T., & Ramdani, R. (2019). Upaya pencegahan pengaruh gadget pada anak melalui kegiatan penyuluhan dan sosialisasi dampak gadget kepada ibu-ibu kelurahan Tanjung Uma. Minda Baharu, 3(2), 133-144.