Pupuk Cair Dari Nasi Sisa Untuk Mengembangkan Budidaya Cabai Di Desa Gunung Putri

Main Article Content

Diska Hanan Fauziah
La Ode Amril

Abstract





Abstrak






Pembuat MOL (Mikro Organisme Lokal) yang berasal dari limbah nasi basi sebagai pupuk organik cair pada tanaman cabai dan dibandingkan dengan pupuk yang dijual dipasar. Dengan pemanfaatan nasi basi menjadi pupuk akan mengurangi sampah organic yang ada dimasyarakat. Selama ini masyarakat hanya menggunakan nasi sisa untuk pakan ternak seperti unggas, namun dengan informasi ini bisa membantu masyarakat lebih memanfaatkan nasi sisa yang sudah basi menjadi pupuk cair. Cara pembuatan yang cukup mudah dengan waktu yang cukup singkat selama kurang lebih 1 minggu atau 6 – 7 hari pproses pembuatan pupuk cair ini dan hanya berbahan nasi , gula dan air bisa menjadi pupuk cair siap pakai yang hasilnya tidak kalah dengan pupuk yang dijual dipasaran dilihat dari hasil tinggi serta banyaknya daun pada tanaman cabai yang diteliti. Dalam hal ini pemanfaat POC pada tanaman cabai bisa dibilang berhasil karena terjadi pertumbuhan pada tanaman tersebut. Dengan hal tersebut dapat mengurangi sampah yang ada dimasyarakat dan penggunaanya lebih berguna lagi.penggunaan pupuk secara berkala selama 2 minggu sekali akan memberikan hasil yang optimal dalam pertumbuhan tanaman.





Article Details

How to Cite
Fauziah, D. H., & Amril, L. O. (2022). Pupuk Cair Dari Nasi Sisa Untuk Mengembangkan Budidaya Cabai Di Desa Gunung Putri. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 157–162. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6318
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Arifan, F. (2020). Pemanfaatan Nasi Basi Sebagai Mikro Organisme Lokal (MOL) Untuk Pembuatan Pupuk Cair Organik di Desa Mendongan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(4), 255.

Dahlianah, I. (2015). Pemanfaatan sampah organik sebagai bahan baku pupuk kompos dan pengaruhnya terhadap tanaman dan tanah. Klorofil, X(1), 10–13.

Fairus, S., Rahman, L., & Apriani, E. (2011). Pemanfaatan Sampah Organik Secara Padu Menjadi Alternatif Energi : Biogas dan Precursor Briket. Prosiding Seminar Nasional Teknik Kimia’Kejuangan’ Pengembangan Teknologi Kimia Untuk Pengelolaan Sumber Alam Manusia, 2006, E01.

Noriko, N., Arum, A. L., Nurindriani, H., Crisnia, C., Marcelina, C., Rosadi, I., Pangeran, H., & Narwati, D. A. (2014). Pengabdian Masyarakat: Pemanfaatan Nasi Bekas sebagai Pupuk dan Pestisida Tanaman Rumah di PKK Perumahan Jurang Mangu Indah,

Bintaro. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI, 1(4), 192. https://doi.org/10.36722/sst.v1i4.90

Ria, P., Noer, S., & Marhento, G. (2021). Efektivitas Pemberian Nasi Basi Sebagai Pupuk Organik pada Tanaman Selada Merah (Lactuca sativa var. crispa). EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(1), 55. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i1.8088

Sudjatmiko, T. (2017). Keamanan Negara dalam Kegiatan Antariksa Nasional: Perspektif Realis Ofensif. Jurnal Global & Strategis, 9(2), 207.