Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pecahan Campuran Siswa Kelas Tinggi Di Masa Pandemi COVID-19
Main Article Content
Abstract
Banyak siswa kelas tinggi kekurangan motivasi belajar matematika, khususnya pada materi pecahan campuran. Hal tersebut terjadi dikarenakan oleh beberapa faktor, yaitu faktor kondisi pandemik Covid-19 yang mengharuskan siswa belajar secara online. Metode penulisan menggunakan metode deskriptif, melaku pengamatan perilaku siswa secara langsung dan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat siswa laki-laki dan tiga siswa perempuan kelas tinggi dalam mata pelajaran matematika, yaitu pada materi pecahan campuran pada soal. Siswa memenuhi kriteria ketuntasan belajar karena hanya 85% dari skor minimal sebesar 70. Dari 7 siswa disimpulkan pemahaman materi pecahan campuran dianggap membaik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Daftar Pustaka
Almira Amir, M. (2014). Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Pedagogik, 6(1), 72-89.
Indah Rahayu, I. A. (2018). PENERAPAN KONSEP 3N (NITENI, NIROKKE, NAMBAHI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASIBELAJAR MATEMATIKA SISWA. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 634-638.
Teguh Prasetyo, E. M. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Abdidas, 2(4), 894-902.
U.S, S. (2012). PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP. Cakrawala Pendidikan(2), 244-255
Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Mosharafa, 5(2), 177-185.