Bimbingan Belajar dan Friday Literasi Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Anak-Anak Kampung Munjul Indonesia
Main Article Content
Abstract
Pada pelaksanaan KKN disusun beberapa program salah satunya Bimbingan Belajar dan Friday Literasi. Program tersebut bertujuan untuk menumbuhkan minat belajar anak-anak di kampong munjul karena berdasarkan informasi yang didapatkan dikampung tersebut rendah terhadap minat belajar anak-anak. Dengan adanyan KKN dapat dijadikan sebagai sarana pengembangan belajar anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan serta mengetahui peran pelaksanaan kuliah kerja nyata terhadap keterampilan mahasiswa program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Djuanda Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus. Data pada penelitian ini diambil oleh mahasiswa peserta KKN AKB Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Djuanda Bogor tahun 2021. Adapun siswa Bimbingan yang di teleliti adalah siswa yang beralamat di kampong Munjul RT 01/04 Desa Sukamanah Kecamatan Megamendunf Kabupaten Bogor. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dengan sudah dilaksanakannya bimbingan belajar ini selama KKN anak-anak jadi lebih mudah dan paham saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya disekolah.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Heckman, J. J., Pinto, R., & Savelyev, P. A. (1967). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1, 10–20.
Sumarwiyah. 2009. Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Kebiasaan Belajar dan Prestasi Belajar. Jurnal Sosial dan Budaya. Vol:2 No 2
Panduan pelaksanaan kuliah kerja nyata pada masa adaptasi kebiasaan baru (KKN AKB) (2021) Bogor: UNIDA PRESS