Pendampingan Pembelajaran Luring untuk anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN AKB, Desa Ciburuy

Indonesia

Authors

  • Siti Nurkilah a:1:{s:5:"en_US";s:19:"Universitas Djuanda";}
  • Helmia Tasti Adri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6203

Keywords:

KKN IMR, Covid-19, offline learning.

Abstract

Covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia dan berdampak pada sektor pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat dan merupakan suatu bagian dari Panca Dharma Universitas Djuanda Bogor. Program Kerja KKN AKB Covid19 salah satunya di bidang pendidikan yaitu pendampingan pembelajaran luring untuk anak SD. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Juli s.d. Agustus 2021 di Desa Ciburuy Kecamatan Cigombong secara luring tatap muka. Metode pengumpulan data menggunakan teknik random sampling dengan populasi siswa SD dan mengabaikan jenis kelamin, kelas, serta asal sekolah. Hasil yang diperolah yakni sebanyak 10 dari 14 siswa menyatakan pembelajaran luring yang dilaksanakan selama 4 jam per harinya di Desa Ciburuy maupun di Kelurahan Cigombong mulai efektif dibandingkan dengan pembelajaran Daring. Sepuluh siswa tersebut merasa nyaman memahami sepenuhnya materi yang disampaikan melalui luring. Evaluasi Program pembelajaran melalui luring dapat menunjang terciptanya merdeka belajar anak-anak Sekolah Dasar meskipun pada keterbatasan masa adaptasi kebiasaan baru ini.

References

DAFTAR PUSTAKA

Fattah, N. (2013). Analisis Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta. PT. Remaja Rosdakarya. http://opacperpus.jogjakota.go.id /index.php/home/detail_koleksi? kd_buku=019685&id=1&kd_jns_bu ku=SR

Indonesia, T. (2010). Himpunan Peraturan Perundang-undangan: Undang- undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional (1st ed., p. 258). Fokusmedia.

Nurohmah, R., Aini, N., Kholik, A., & Maryani, N. (2020). Literasi Media Digital Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 159–168. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i 2.2834

Prasetyo, S. D., & Suherlan, Y. (2022). KKN UNS Era Covid-19 di Rt 03 Rw 07 Desa Panjer Kecamatan Kebumen. Jurnal Penetian dan

p-ISSN 2721-1541 | e-ISSN 2721-5113 123 DOI: 10.30997/ejpm.v3i2.6203 Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11. http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2 .12048.84487

Saebani, B. A., Heryati, Y., & Muhsin, M. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung. CV. Pustaka Setia.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Nurkilah, S., & Tasti Adri, H. (2022). Pendampingan Pembelajaran Luring untuk anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN AKB, Desa Ciburuy: Indonesia. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 117–123. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6203
Abstract viewed = 92 times