Pendampingan Pembelajaran Luring untuk anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus KKN AKB, Desa Ciburuy
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i2.6203Keywords:
KKN IMR, Covid-19, offline learning.Abstract
Covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia dan berdampak pada sektor pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat dan merupakan suatu bagian dari Panca Dharma Universitas Djuanda Bogor. Program Kerja KKN AKB Covid19 salah satunya di bidang pendidikan yaitu pendampingan pembelajaran luring untuk anak SD. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Juli s.d. Agustus 2021 di Desa Ciburuy Kecamatan Cigombong secara luring tatap muka. Metode pengumpulan data menggunakan teknik random sampling dengan populasi siswa SD dan mengabaikan jenis kelamin, kelas, serta asal sekolah. Hasil yang diperolah yakni sebanyak 10 dari 14 siswa menyatakan pembelajaran luring yang dilaksanakan selama 4 jam per harinya di Desa Ciburuy maupun di Kelurahan Cigombong mulai efektif dibandingkan dengan pembelajaran Daring. Sepuluh siswa tersebut merasa nyaman memahami sepenuhnya materi yang disampaikan melalui luring. Evaluasi Program pembelajaran melalui luring dapat menunjang terciptanya merdeka belajar anak-anak Sekolah Dasar meskipun pada keterbatasan masa adaptasi kebiasaan baru ini.
References
DAFTAR PUSTAKA
Fattah, N. (2013). Analisis Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta. PT. Remaja Rosdakarya. http://opacperpus.jogjakota.go.id /index.php/home/detail_koleksi? kd_buku=019685&id=1&kd_jns_bu ku=SR
Indonesia, T. (2010). Himpunan Peraturan Perundang-undangan: Undang- undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional (1st ed., p. 258). Fokusmedia.
Nurohmah, R., Aini, N., Kholik, A., & Maryani, N. (2020). Literasi Media Digital Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 159–168. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i 2.2834
Prasetyo, S. D., & Suherlan, Y. (2022). KKN UNS Era Covid-19 di Rt 03 Rw 07 Desa Panjer Kecamatan Kebumen. Jurnal Penetian dan
p-ISSN 2721-1541 | e-ISSN 2721-5113 123 DOI: 10.30997/ejpm.v3i2.6203 Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11. http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2 .12048.84487
Saebani, B. A., Heryati, Y., & Muhsin, M. (2014). Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Bandung. CV. Pustaka Setia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).