Pendampingan Bimbingan Belajar Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Di Kampung Padurenan Kelurahan Pabuaran Kecamatan Cibinong-Bogor

Main Article Content

Saraswati Saraswati

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh munculnya kesulitan belajar siswa-siswi di wilayah Kampung Padurenan, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor selama masa pandemi Covid-19. Berkenaan dengan hal tersebut, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa usia Sekolah Dasar di Kampung Padurenan di masa pandemi. Kegiatan pengabdian ini direalisasikan dalam bentuk program pendampingan bimbingan belajar oleh mentor pada siswa usia Sekolah Dasar di satu lokasi yang sama. Metode pelaksanaan kegiatan pendampingan bimbingan belajar dilakukan melalui observasi guna menemukan serta mendalami permasalahan mitra, selanjutnya melakukan persiapan meliputi persiapan peralatan kegiatan pendampingan serta setting lokasi ruangan untuk pendampingan bimbingan belajar hingga kemudian masuk ke tahap pelaksanaan. Pelaksanaan pendampingan belajar didesain menarik karena menyajikan beragam metode belajar yang fokus pada peningkatan keterlibatan siswa selama program berlangsung, dimana salah satunya dilaksanakan melalui kuis dan diskusi kelompok. Hasil kegiatan pendampingan menunjukan adanya peningkatan pada minat belajar dan peningkatan pada hasil belajar peserta pendampingan. Adapun respon orang tua/wali dinilai positif mendorong program pendampingan agar berkelanjutan

Article Details

How to Cite
Saraswati, S. (2022). Pendampingan Bimbingan Belajar Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Di Kampung Padurenan Kelurahan Pabuaran Kecamatan Cibinong-Bogor. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 43–50. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i1.4908
Section
Articles

References

Aisyah, S. (2015). Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Arifah, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Darurat Covid-19. Info Singkat, 12(7).

Armaretta, I. (2011). Implementasi UU No.4 Tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat di Perusahaan Industri di Kota Padang. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 3(3).

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2).

Satria, B. A., Hasanah, N. H., & Rudiansyah. (2020). Penyuluhan Adaptasi Tatanan Kebiasaan Baru Desa Tangguh Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Anoa, 1(3).

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sya, M. F. (2020). Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid. Educivilia Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1).