Pendampingan Bimbingan Belajar Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Di Kampung Padurenan Kelurahan Pabuaran Kecamatan Cibinong-Bogor
Main Article Content
Abstract
Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh munculnya kesulitan belajar siswa-siswi di wilayah Kampung Padurenan, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor selama masa pandemi Covid-19. Berkenaan dengan hal tersebut, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa usia Sekolah Dasar di Kampung Padurenan di masa pandemi. Kegiatan pengabdian ini direalisasikan dalam bentuk program pendampingan bimbingan belajar oleh mentor pada siswa usia Sekolah Dasar di satu lokasi yang sama. Metode pelaksanaan kegiatan pendampingan bimbingan belajar dilakukan melalui observasi guna menemukan serta mendalami permasalahan mitra, selanjutnya melakukan persiapan meliputi persiapan peralatan kegiatan pendampingan serta setting lokasi ruangan untuk pendampingan bimbingan belajar hingga kemudian masuk ke tahap pelaksanaan. Pelaksanaan pendampingan belajar didesain menarik karena menyajikan beragam metode belajar yang fokus pada peningkatan keterlibatan siswa selama program berlangsung, dimana salah satunya dilaksanakan melalui kuis dan diskusi kelompok. Hasil kegiatan pendampingan menunjukan adanya peningkatan pada minat belajar dan peningkatan pada hasil belajar peserta pendampingan. Adapun respon orang tua/wali dinilai positif mendorong program pendampingan agar berkelanjutan
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Aisyah, S. (2015). Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Arifah, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Darurat Covid-19. Info Singkat, 12(7).
Armaretta, I. (2011). Implementasi UU No.4 Tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat di Perusahaan Industri di Kota Padang. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 3(3).
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2).
Satria, B. A., Hasanah, N. H., & Rudiansyah. (2020). Penyuluhan Adaptasi Tatanan Kebiasaan Baru Desa Tangguh Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Anoa, 1(3).
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sya, M. F. (2020). Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid. Educivilia Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1).