Pengembangan Minat dalam Belajar Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Talaqqi di Desa Ragajaya
Main Article Content
Abstract
Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya minat belajar Bahasa arab di Desa Ragajaya khususnya pada anak-anak. Kondisi tersebut kemudian melatari terbentuknya program pengabdian pada masyarakat pada bidang pendidikan dengan memberikan pengajaran Bahasa arab berbasis metode talaqqi bagi anak-anak di Desa Ragajaya. Adapun tujuan adanya program pengabdian ini yaitu untuk menanamkan ketertarikan anak – anak untuk
mempelajari bahasa arab, menumbuhkan motivasi belajar anak dalam belajar bahasa arab, serta membantu anak mengenal kosakata berbahasa Arab dengan metode Talaqqi. Hasil dari pelaksanaan program pengabdian menunjukan bahwa penerapan proses pembelajaran Bahasa arab berbasis metode talaqqi telah mendorong
anak-anak di Desa Ragajaya lebih tertarik belajar Bahasa arab. Respon masyarakat terhadap capaian tersebut terwujud dengan dukungan yang diberikan masyarakat berupa penyediaan fasilitas ruang belajar guna mendukung keberlangsungan berjalannya program pengabdian ini. Menelaah hasil pelaksanaan pengabdian tersebut, diharapkan kegiatan belajar Bahasa arab dengan metode talaqqi dapat terus dilaksanakan di Desa Ragajaya
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Hamdun, D. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Karakter di Sekolah Dasar. FENOMENA, 8(1). https://doi.org/10.21093/fj.v8i1.304
Mustofa, B., & Hamid, A. (2012). Metode Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Maliki Press.
Rosyidi, A. W. (2012). MENENGOK KEMBALI KURIKULUM BAHASA ARAB DAN PEMBELAJARANNYA. UIN Maliki Malang.
Syahidin. (2009). Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Alfabeta.
Utami, R. D., & Maharani, Y. (2018). KELEBIHAN DAN KELEMAHAN METODE TALAQQI DALAM PROGRAM TAHFIDZ ALQUR’AN JUZ 29 DAN 30 PADA SISWA KELAS ATAS MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2).
Yusuf, M. (2017). PENGARUH KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS
PADA SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-QURANIYAH MANNA BENGKULU SELATAN. An-Nizom,
(1)