Pengembangan Minat dalam Belajar Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Talaqqi di Desa Ragajaya

Main Article Content

Lathifah Nur Salsabila
Laode Amril

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya minat belajar Bahasa arab di Desa Ragajaya khususnya pada anak-anak. Kondisi tersebut kemudian melatari terbentuknya program pengabdian pada masyarakat pada bidang pendidikan dengan memberikan pengajaran Bahasa arab berbasis metode talaqqi bagi anak-anak di Desa Ragajaya. Adapun tujuan adanya program pengabdian ini yaitu untuk menanamkan ketertarikan anak – anak untuk
mempelajari bahasa arab, menumbuhkan motivasi belajar anak dalam belajar bahasa arab, serta membantu anak mengenal kosakata berbahasa Arab dengan metode Talaqqi. Hasil dari pelaksanaan program pengabdian menunjukan bahwa penerapan proses pembelajaran Bahasa arab berbasis metode talaqqi telah mendorong
anak-anak di Desa Ragajaya lebih tertarik belajar Bahasa arab. Respon masyarakat terhadap capaian tersebut terwujud dengan dukungan yang diberikan masyarakat berupa penyediaan fasilitas ruang belajar guna mendukung keberlangsungan berjalannya program pengabdian ini. Menelaah hasil pelaksanaan pengabdian tersebut, diharapkan kegiatan belajar Bahasa arab dengan metode talaqqi dapat terus dilaksanakan di Desa Ragajaya

Article Details

How to Cite
Lathifah Nur Salsabila, & Laode Amril. (2021). Pengembangan Minat dalam Belajar Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Talaqqi di Desa Ragajaya . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 175–181. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i2.4395
Section
Articles

References

Hamdun, D. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Karakter di Sekolah Dasar. FENOMENA, 8(1). https://doi.org/10.21093/fj.v8i1.304

Mustofa, B., & Hamid, A. (2012). Metode Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Maliki Press.

Rosyidi, A. W. (2012). MENENGOK KEMBALI KURIKULUM BAHASA ARAB DAN PEMBELAJARANNYA. UIN Maliki Malang.

Syahidin. (2009). Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Alfabeta.

Utami, R. D., & Maharani, Y. (2018). KELEBIHAN DAN KELEMAHAN METODE TALAQQI DALAM PROGRAM TAHFIDZ ALQUR’AN JUZ 29 DAN 30 PADA SISWA KELAS ATAS MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2).

Yusuf, M. (2017). PENGARUH KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL QUR’AN HADITS

PADA SISWA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-QURANIYAH MANNA BENGKULU SELATAN. An-Nizom,

(1)