Pembinaan Program Tahsin Al-Qur’an dalam Meningkatkan Potensi Menghafal Al-Qur’an Anak-Anak di Majelis Ta’lim Nurul Fadhilah

Main Article Content

Ahmad Bustomi
Sobrul Laeli

Abstract

Program pengabdian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya kemampuan anak-anak di wilayah Majelis Ta’lim Nurul Fadhilah dalam membaca Al-Quran dengan benar. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim pengabdian kemudian tergerak untuk bekerja sama dengan pengurus Majelis Ta’lim Nurul Fadhilah guna mengadakan pengabdian yang fokus pada bidang pendidikan yakni program Tahsin dan Tahfidz. Tujuan dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini yaitu meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada anak-anak di wilayah Majelis Ta’lim Nurul Fadhilah sebagaimana kaidah-kaidah dalam melantunkan bacaan AlQuran. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Tahsin dan Tahfidz mendorong peningkatan
keterampilan membaca Al-Quran dan kemampuan menghafal ayat suci Al-Quran pada para peserta program pengabdian. Tindak lanjut pelaksanaan program pengabdian ini dilakukan dengan memasukan program Tahsin dan Tahfidz dalam kegiatan belajar di Majelis Ta’lim Nurul Fadhilah bagi anak anak.

Article Details

How to Cite
Ahmad Bustomi, & Sobrul Laeli. (2021). Pembinaan Program Tahsin Al-Qur’an dalam Meningkatkan Potensi Menghafal Al-Qur’an Anak-Anak di Majelis Ta’lim Nurul Fadhilah. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 169–174. https://doi.org/10.30997/ejpm.v2i2.4346
Section
Articles

References

Assingkily, Muhammad Shaleh. 2019. “PERAN PROGRAM TAHFIDZ DAN TAHSIN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN

LITERASI AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA.” Jurnal Mudarrisuna 9(1).

Darwin. 2018. “Pengaruh Penguasaan Ilmu Tajwid Dan Tahsin Terhadap Hasil Belajar Al-Quran (Studi Kasus Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri I Kendari Sulawesi Tenggara).” FIKRATUNA : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 1(1).

Ftiriani, Della Indah, and Fitroh Hayati. 2020. “Penerapan Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 5(1):15–30.

Khoiruddin, Heri, and Adjeng Widya Kustiani. 2020. “MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHSIN ALQURAN BERBASIS METODE TILAWATI.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 5(1):55–68.

Leu, B. 2020. “PEMBELAJARAN TAHSIN TILAWAH AL-QUR’AN UNTUK PEMBACA PEMULA.” Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 2(2).