Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an melalui Metode MASTER
Main Article Content
Abstract
Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang memiliki pesan-pesan dan tuntunan bagi kehidupan manusia. Untuk mengetahui pesan dan tuntunan tersebut, Al-Qur’an harus dipelajari serta diamalkan isi kandungannya, terlebih dalam menjaga keautentikan Al-Qur’an. Dengan demikian, bahwa setiap insan khususnya beragama islam mempunyai amanah dalam menjaga keautentikan Al-Qur’an salah satunya dengan menghafal AlQuran. Yang melatarbelakangi program pengabdian masyarakat ini adalah (1) terdapat permasalahan dimasyarakat mengenai
kesulitan dalam menghafal Al – Qur’an dan merasa cepat lupa. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah agar anak-anak lebih banyak lagi yang menekuni hafalan Al-Qur’an sehingga dapat meningkatkan kemampuan dalam menghafal AlQur’an. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah menghafal ayat Al-Qur’an dengan menggunakan aktivitas motorik tubuh dengan cara menggerakkan anggota badan seperti kepala, tangan, kaki dan lainnya. Hafalan Al-Qur’an ini tidak hanya menghafal ayat Al-Qur’annya saja tapi menghafal beserta terjemahnya. Hasil dari program ini menunjukkan Bertambahnya minat menghafal AlQur’an; Menghafal ayat Al-Qur’an beserta terjemahnya dengan gerakan motorik (tangan, kepala dan anggota badan lainnya); Hafal QS. Ar Rahman ayat 1-13 dengan Metode MASTER (Menghafal Al-Qur’an Semudah Tersenyum). Pengabdian berikutnya disarankan memberikan berbagai macam metode yang lebih menarik dalam kegiatan hafalan Al-Qur’an.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Ahsin W. Alhafidz. 2010.*Bimbingan*Praktis*Menghafal*Al-Qur’an.Jakarta: Bumi Aksara.
Atabik, Ahmad. 2014. “The*Living*Qur’an*:*Potret*Budaya*Tahfizh Al-Qur’an di Nusantara”, JURNAL PENELITIAN.
Hasanah, N. (2017). Efektivitas*Metode* Kauny*Quantum*Memory*dalam*Menghafal*Al-Qur’an. Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Herwibowo, Bobby. 2014. Menghafal*AlQur’an*Semudah*Tersenyum.Sukoharjo : CV. Farishma Indonesia.
Herwibowo, Bobby. 2014. Teknik Quantum*Rasulullah : Fun dan Cepat Menghafal*Al-Qur’an. Jakarta :
Mizan*Digital*Printing.
Luthfi Dhulkifli, M. (2020).*Pengaruh Metode*Kauny*Quantum*Memory Dalam*Menghafal*Qur’an*Sejak Dini*di*SD*IT*Lukman*Hakim Yogyakarta. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1), 64.
Ningsih, R. S. (2019).*Penerapan Metode*Kauny*Quantum*Memori dalam Meningkatkan Hafalan Potongan Ayat Al-Qur’an. JURNAL PAI RADEN FATAH, 1(2).
Wolfman, L., & A., S. B. (2013). Efektivitas*Metode*Kauny* Quantum*Memory*dalam Menghafal*Al-Qur’an. Journal*of Chemical*Information*and*Modeling,
(9), 1689–1699.