Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Melalui Program “Rumah Batutulis”
Main Article Content
Abstract
Pengabdian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat belajar dan kesadaran pendidikan di Kp. Tegal Sereh RT.09, RW.03, Desa Caringin Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi. Berdasarkan pada latar belakang tersebut, pelaksanaan program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan minat belajar pada anak-anak usia Sekolah Dasar pada masa pandemi Covid-19 di Kp. Tegal Sereh. Pengabdian ini dilaksanakan dengan membentuk Rumah Batutulis sebagai pusat sumber belajar bagi anak-anak. Rumah Batutulis ini berisi tentang belajar membaca, belajar menulis serta berhitung. Hal ini dilakukan karena masih terdapat anak-anak yang malas dalam belajar, sulit membaca, sulit mengenal huruf dan angka, serta kemampuan menulis yang rendah. Hasil pengabdian menunjukan bahwa dengan adanya Rumah Batutulis ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pendidikan bagi anak-anak, menumbuhkan motivasi anak dalam belajar dan menggapai cita-cita serta meningkatkan minat membaca, berhitung dan menulis pada anak-anak, serta
menghasilkan perubahan yang positif bagi motorik anak-anak, serta mampu meningkatkan minat belajar pada anak-anak. Oleh karena itu, diharapkan program Rumah Batutulis ini, untuk tetap dilaksanakan dan ditingkatkan demi dampak positif yang berkelanjutan di Kp. Tegal Sereh.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Atkinson. (2010). Pengantar Psikologi. Interaksara.
Hakim, L. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Wacana Prima.
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pub. L. No. 137 (2014).
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Suyono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.