Rumah Belajar: Sarana Peningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi

Main Article Content

Rizky Nur Fitriani

Abstract

Rendahnya motivasi belajar di masa pandemic pada diri siswa usia Sekolah Dasar di Desa Balumbangjaya menjadi permasalahan yang melatari dilaksanakannya pengabdian pada masyarakat dalam bentuk program Rumah Belajar. Adapun tujuan program Rumah Belajar yakni untuk memfasilitasi pendampingan belajar siswa dalam rangka meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui peningkatan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan yakni terdiri dari empat tahap yakn analisis masalah, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian menunjukan bahwa pelaksanaan program Rumah Belajar mampu meningkatkan minat belajar peserta program. Hal ini disebabkan oleh rancangan serta pelaksanaan kegiatan pendampingan yang menarik menyenangkan, menyajikan games dan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa sesuai dengan jenjang kelasnya di Sekolah Dasar. Adapun pelaksanaan program Rumah Belajar perlu dilakukan secara berkelanjutan guna meningkatkan efektivitas kegiatan belajar siswa usia Sekolah Dasar di Desa Balumbangjaya khususnya di masa pandemi

Article Details

How to Cite
Fitriani, R. N. . (2022). Rumah Belajar: Sarana Peningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 81–86. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i1.4342
Section
Articles

References

Aisyah, N., & Chotimah, C. (2021). Dinamika Pembelajaran Daring Melalui Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Paud

Miftahul Ulum Saat Pandemi Covid 19. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 8(1).

Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020. v13i2.3572

Azzahra, N. (2020). Addressing Distance Learning Barriers in Indonesia Amid the Covid-19 Pandemic. https://doi.org/10.35497/309162

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Kekarantinaan Kesehatan, Pub. L. No. 6 (2008).

Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Kemdikbud.Go.Id.

https://www.kemdikbud.go.id/m ain/blog/2020/05/kemendikbudterbitkan-pedomanpenyelenggaraan-belajar-darirumah

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7).

https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i 7.15569

Ningsih, N. I. (2019). Pelaksanaan Bimbingan Belajar Dengan Teknik Diskusi Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VIII D Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020. UIN Raden Intan.

Puspitasari, T., & Anggraeni, D. (2019). Pendekatan Games Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Bagi Relawan Gemma Insani Indonesia. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 16–21. https://doi.org/10.31334/jks.v2i1. 288