Rumah Belajar: Sarana Peningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi
Main Article Content
Abstract
Rendahnya motivasi belajar di masa pandemic pada diri siswa usia Sekolah Dasar di Desa Balumbangjaya menjadi permasalahan yang melatari dilaksanakannya pengabdian pada masyarakat dalam bentuk program Rumah Belajar. Adapun tujuan program Rumah Belajar yakni untuk memfasilitasi pendampingan belajar siswa dalam rangka meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui peningkatan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan yakni terdiri dari empat tahap yakn analisis masalah, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian menunjukan bahwa pelaksanaan program Rumah Belajar mampu meningkatkan minat belajar peserta program. Hal ini disebabkan oleh rancangan serta pelaksanaan kegiatan pendampingan yang menarik menyenangkan, menyajikan games dan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa sesuai dengan jenjang kelasnya di Sekolah Dasar. Adapun pelaksanaan program Rumah Belajar perlu dilakukan secara berkelanjutan guna meningkatkan efektivitas kegiatan belajar siswa usia Sekolah Dasar di Desa Balumbangjaya khususnya di masa pandemi
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Aisyah, N., & Chotimah, C. (2021). Dinamika Pembelajaran Daring Melalui Belajar Dari Rumah (BDR) Pada Paud
Miftahul Ulum Saat Pandemi Covid 19. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 8(1).
Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020. v13i2.3572
Azzahra, N. (2020). Addressing Distance Learning Barriers in Indonesia Amid the Covid-19 Pandemic. https://doi.org/10.35497/309162
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Kekarantinaan Kesehatan, Pub. L. No. 6 (2008).
Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Kemdikbud.Go.Id.
https://www.kemdikbud.go.id/m ain/blog/2020/05/kemendikbudterbitkan-pedomanpenyelenggaraan-belajar-darirumah
Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7).
https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i 7.15569
Ningsih, N. I. (2019). Pelaksanaan Bimbingan Belajar Dengan Teknik Diskusi Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas VIII D Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020. UIN Raden Intan.
Puspitasari, T., & Anggraeni, D. (2019). Pendekatan Games Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Bagi Relawan Gemma Insani Indonesia. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 16–21. https://doi.org/10.31334/jks.v2i1. 288