Pengabdian Kepada Masyarakat: Pendampingan Kegiatan Keagamaan Berbasis Tauhid
Main Article Content
Abstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia yang merupakan aktivitas intrakurikuler memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan kegiatan keagamaan berupa bimbingan mengaji, membaca iqra, membaca Al-qur’an dan membaca jum’amma kepada masyarakat desa Benda yang menjadi lokasi kegiatan KKN. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, akhirnya banyak anak-anak dan remaja di Kampung Bodogol Desa Benda Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi yang akhirnya memiliki peningkatan kemampuan membaca Iqra dan Al-qur’an secara bertahap. Kegiatan pendampingan keagamaan ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi warga Desa Benda karena dapat membantu orang tua, dan pemerintahan Desa Benda untuk memberantas buta aksara arab dan Al-qur’an sehingga dapat memberikan penanaman nilai-nilai keagamaan sejak dini kepada warga setempat. Kendala sulitnya tenaga pendidik (Ustadz) yang dapat mengajar di Desa Benda menjadi terbantukan dengan hadirnya kelompok KKN yang memberikan pendampingan kegiatan keagamaan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Aliyyah, Rusi Rusmiati et al. (2017). “Peningkatan Cinta Lingkungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Melalui Program Pengabdian Masyarakat Increased Love for the Environment and Empowerment of Rural Communities Through Community Service Programs.” : 46–60.
Aliyyah, Rusi Rusmiati et al. (2018). Developing Entrepreneurship Characters through Community Service Program. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM),2(2), 265-287. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPMM.002.2.07
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Cetakan ke-13. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadillah, Muhammad (2012). Desain pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Hakim, R. (2014). “Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Berbasis Al-Qur’an”, Jurnal Pendidikan Karakter.
https://id.m.wikipedia.prg/wiki/Taman_Pendidikan_Al-Qur%27an.
Jalaluddin. (1989). Metode Tunjuk Silang Belajar Al-Qur’an. Jakarta: kalam Mulia.
Nursahid, R. (2015). “Program Pembelajaran Tilawah Al-Quran”, Jurnal Tarbawy, Vol. 2, Nomor 2.
Syarifuddin, A. (2004). Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an, Jakarta: GemaInsani Press.
Sa’dullah. (2008). 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani.
Sani, R. A. dkk. (2018). Penelitian Pendidikan. Tangerang: Tira Smart.
Setiawan, Eko. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Albana Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurna Of Education Vol. 1 No. 2, 68-75. ISSN: 2620-4355.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods) Cetakan (ke-9). Bandung: Alfabeta.
Tahyudin, Didi. (2020) “Peran Ustadzah dalam Proses Bimbingan Menghafal Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di Griya Qur’an Al-Madani Kota Palembang,” 15.
Teguh Prasetyo, Resti Yektyastuti, Hasan Bisri, Helmia Tasti Adri, Deski Halim Soedjani, Sobrul Laeli, Lilis Fauziah Balqis. (2020). Panduan Kuliah Kerja Nyata Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru 2020.
Utami, Nurul, dan Farid Haluti. (2009). “Pendampingan Bimbingan Belajar Bacaan Al- Qur’an Pada Anak - Anak.” Monsu’ani Tano : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 https://doi.org/10.32529/tano.v2i1.220.