Pemberian Motivasi Melalui Media Pembelajaran Flashcard Bagi Anak Berkesulitan Belajar (Learning Difficult)

Main Article Content

Enny Nurcahyawati
Fitria Iswari
Syahid -

Abstract

Kegiatan belajar mengajar di sekolah umumnya ditunjukkan hanya kepada siswa yang berkemampuan rata-rata, dan bagi siswa yang punyai kemampuan lebih atau yang berkemampuan kurang biasanya terabaikan. Dan kenyataan yang terjadi didunia pendidikan siswa kategori sangat pandai dan kurang pandai, sedikit mendapat kesempatan yang layak untuk berkembang sesuai dengan kemampuannya. Maka dari sini lah, kemudian timbul apa yang disebut kesulitan belajar (learning difficult). Pembelajaran yang mudah diterima oleh anak berkesulitan belajar adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Media belajaran yang efektif dengan menggunakan media flashcard, Karena Media flashcard mempunyai karakteristik yang menyajikan informasi pendek pada setiap kartunya. Misalnya tau dengan mudarah huruf, angka, nama binatang, mengenal buah dan lain sebagainya.  Informasi pendek sangat memudahkan siswa mempunyai masalah kesulitan belajar. Metode belajar ini lah yang amat mudah diterapkan, selain mudah tentunya menggembirakan, dan akhirnya mempengaruhi siswa dalam menyerap materi-materi yang disampaikan oleh guru. Seyogya seorang guru harus mempunyai banyak metode yang bervariasi dan menyenangkan dalam memberikan materi setiap mata pelajaran.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Enny Nurcahyawati, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni

Fitria Iswari, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni

Syahid -, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Bahasa dan Seni

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Angreany, F., & Saud, S. (2017). KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DALAM KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 9 MAKASSAR. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1 No. 2 Agustus, 139-149. Retrieved Februari 26, 2020, from https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/4410/2549

Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hotimah, E. (2010). PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS II MI AR-ROCHMAN SAMARANG GARUT. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 04; No. 01; 2010, 10-18. doi:ISSN: 1907-932X

Mulyani, S. (2017). Penggunaan Media Kartu (Flash Card) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Mutasi bagi Peserta Didik Kelas XII. Jurnal Profesi Keguruan, JPK 3 (2) (2017), 143-148. Retrieved February 26, 2020, from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/10786/7091

Mulyasa, H. E. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2015). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2011). Panduan lengkap penelitian tindakan kelas: teori dan praktik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Yusuf. (2003). Motivasi dalam Belajar. Jakarta: P2LPTK.