Pelatihan Penggunaan Perangkat Berbasis Internet dalam Pengumpulan Data Penelitian Masa Pandemi COVID-19

Main Article Content

Lala Laila Zulfa
http://orcid.org/0000-0001-7935-0879
Euis Mauna Mujibah
Zahra Fitrah Rajaguguk

Abstract

Pemberlakuan Physical Distancing pada masa pandemi COVID-19 membuat keadaan menjadi terbatas. Seluruh sekolah dan perguruan tinggi dialihkan untuk belajar di rumah dan melaksanakan pembelajaran daring (dalam jaringan). Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan kompetensi mahasiswa PGSD dalam strategi metodologi penelitian pada era digitalisasi. Pelaksanaan webinar berbentuk workshop via internet dengan aplikasi tatap muka Zoom. Hasil pengabdian masyarakat ini mengungkapkan penelitian merupakan insrument yang begitu penting dalam menyusun skripsi, era digitalisasi mendorong mahasiswa semester akhir melaksanakan penelitian secara digital.  Proses perencanaan dan persiapan harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Article Details

How to Cite
Zulfa, L. L., Mujibah, E. M., & Rajaguguk, Z. F. (2020). Pelatihan Penggunaan Perangkat Berbasis Internet dalam Pengumpulan Data Penelitian Masa Pandemi COVID-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 143–158. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i2.2835
Section
Articles

References

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.

Burhan, B. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta : Kencana.

Cresswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and research design: Choosing among Five Traditions.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif (3–5). Yogyakarta : CV. Budi Utama.

Eka, A. G., & Wuryanta, W. (2013). Digitalisasi Masyarakat: Menilik Kekuatan dan Kelemahan Dinamika Era Informasi Digital dan Masyarakat Informasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 131–142.

Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kediri : Universitas Brawijaya Press.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi : CV Jejak (Jejak Publisher).

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta : Bumi Aksara.

Gunawan, I. (2017). Indonesian Curriculum 2013: Instructional management, obstacles faced by teachers in implementation and the way forward. In 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017). Atlantis Press.

Hadi, S. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Yogyakarta : Deepublish.

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146
Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.

Keesing, R. (2014). Teori-teori tentang Budaya. Antropologi Indonesia.

Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi, 10(2), 103–114.

Nurhalimah, N. (2020). Upaya Bela Negara Melalui Sosial Distancing Dan Lockdown Untuk Mengatasi Wabah Covid-19 (Efforts to Defend the Country Through Social Distancing and Lockdown to Overcome the COVID-19 Plague). Available at SSRN 3576405.

Prawira, Y. (2019). WEBINAR SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN KLASIKAL SEKOLAH UNTUK PENDIDIKAN SEKSUAL BERBASIS ONLINE. SSRN Electronic Journal, 5(564), 1–19. https://doi.org/10.4324/9781315853178

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. Jakarta : Grasindo.

Santyasa, I. W. (2009). Metode penelitian pengembangan dan teori pengembangan modul. Makalah disampaikan dalam pelatihan bagi guru-guru dan Dosen di Nusa Penida Klungkung.

Sarmanu. (2017). Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Statistika. Surabaya : Airlangga University Press.

Satya, V. E. (2018). Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, X(09), 19.

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Jakarta : Grasindo.

Shuttleworth, M. (2008). Definition of research Experiment Resources.

Siregar, N. S. S. (2012). Kajian Tentang Interaksionisme Simbolik. Perspektif, 1(2).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan. Yogyakarta : Deepublish.

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(2), 102–110.

Verma, A., & Singh, A. (2010). Webinar—Education through digital collaboration. Journal of Emerging Technologies in Web Intelligence, 2(2), 131–136.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 61–68.

Yasa, G. A. (2012). (2012). Pengembangan Bahan Ajar Online Mata Kuliah Micro Teaching dengan Model Borg & Gall pada Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Agama Hindu Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Ganesha, 1(1), 207–120.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian