Antisipasi Penurunan Keterampilan Sosio-emosional Pelajar Saat Pandemik COVID-19

Main Article Content

Raden Siti Mariam
http://orcid.org/0000-0002-0732-5305
Muhammad Firli Hidaya
Irma Inesia Sri Utami

Abstract

Pandemic COVID-19 membuat perubahan besar bagi sektor kehidupan manusia. Pandemic mengharuskan setiap individu untuk menjaga jarak, dengan melakukan physical distancing, dan melakukan kegiatan dirumah saja. Institusi Pendidikan telah mengambil kebijakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Mengikuti anjuran Pemerintah untuk Belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah dari rumah untuk mencegah penularan dan memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. Seminar secara online pun dilaksanakan untuk bisa tetap melakukan seminar walau terhalang jarak. Seminar dalam jaringan dikenal dengan webinar. Webinar secara umum merupakan sebuah seminar yang dilakukan secara online atau dalam jaringan internet.Pelaksanaan Djuanda International Webinar tentang pembelajaran jarak jauh ini serta materi-materi edukasi yang telah dipaparkan oleh para pakar pembicara yang ahli dibidang nya masing-masing bertujuan memberikan wawasan dan informasi yang bermanfaat kepada seluruh peserta webinar untuk dapat mengoptimalkan proses pembelajaran jarak jauh dengan lebih efektif.

Article Details

How to Cite
Mariam, R. S., Hidaya, M. F., & Utami, I. I. S. (2020). Antisipasi Penurunan Keterampilan Sosio-emosional Pelajar Saat Pandemik COVID-19. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 97–109. https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i2.2832
Section
Articles

References

Abdillah, L. A. (2020). Online Learning Menggunakan Zoom Teleconference.

Alwi, V. A. P. (2020). makalah penyakit menular dan covid-19.

Angraini, D., & Cucuani, H. (2014). Hubungan kualitas persahabatan dan empati pada pemaafan remaja akhir. Jurnal Psikologi, 10(1), 18-24.

Bali, M. M. E. I. (2017). Model interaksi sosial dalam mengelaborasi keterampilan sosial. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 29-40.

Churiyah, Y. (2011). Komunikasi Lisan dan Tertulis.

Durahman, N., Noer, Z. M., & Hidayat, A. (2019). Aplikasi seminar online (webinar) untuk pembinaan wirausaha baru. Jurnal manajemen informatika (JUMIKA), 6(2).

Fahlepi, R. (2018). Solidaritas SosiaL Masyarakat Nelayan Dalam Aktivitas Penangkapan Ikan: Studi Kasus Kelurahan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Fazilla, S. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi (smartphone) terhadap kemampuan analisis mahasiswa dalam konsep dasar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 6(1).

Ferryka, P. Z. (2016). Program 5 S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) dalam membangun karakter siswa sekolah dasar untuk menyongsong generasi emas. Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1, 1(01).

Gintings, A., & Si, M. (2010). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran: Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen. Humaniora Utama Press.

Hakim, A. N. (2018). E-Event Seminar Dan Workshop Berbasis Website (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Harususilo, E. Y. (2020). Seminar UMJ: Pembelajaran Jarak Jauh Belum Jadi Budaya Proses Belajar di Indonesia). KOMPAS.com www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/edu/read/2020/05/15/212505271/seminar-umj-pembelajaran-jarak-jauh-belum-jadi-budaya-proses-belajar-di.

Hasbiyallah, H., Suntiah, R., Ainisyifa, H., & Fatimah, T. (n.d.). Fikih Corona: Studi pandangan ulama Indonesia terhadap ibadah dalam kondisi darurat Covid-19. Karya Tulis Islam Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI.

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.

Islamy, A. N. (2015). Penerapan Senyum Pustakawan Sebagai Keterampilan Sosial di Perpustakaan. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 11(2), 44-49.

Jatirahayu, W. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif.

Kartika, N. (2019). Analisis Perilaku Cyberbullying ditinjau dari Kemampuan Literasi Sosial Media. Emphaty Couns-Journal of Guidance and Counseling, 1(1), 55-63.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

Lestanti, M. M. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Dalam Model Problem Based Learning (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Maretika, L. D., & Kurniawan, D. A. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Ipa Terhadap Calon Guru Sekolah Dasar Pgsd Fkip Universitas Jambi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 41-49.

Nurhalimah, N. (2020). Upaya Bela Negara Melalui Sosial Distancing Dan Lockdown Untuk Mengatasi Wabah Covid-19 (Efforts to Defend the Country Through Social Distancing and Lockdown to Overcome the COVID-19 Plague). Available at SSRN 3576405.

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).

Perdani, P. A. (2014). Peningkatan keterampilan sosial anak melalui permainan tradisional. Jurnal pendidikan anak usia dini.

Pribadi, B. A., & Marisa, M. P. (n.d.). Konsep dan Kontribusi Media Dalam Pembelajaran.

Purwanto, A. (2020). Studi Eksplorasi Dampak Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 92-100.

Puspitaningrum, V. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja karyawan PT Great Giant Pineapple.

Rangkuti, F. (2013). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus. Gramedia Pustaka Utama.

Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sediyaningsih, S. (2017). Etika Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh.

Sendjaja, S. D. (2014). Pengantar ilmu komunikasi.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).

Setyawati, N. (2020). Implementasi sanksi pidana bagi masyarakat yang beraktivitas di luar rumah saat terjadinya pandemi COVID-19. Jurnal Education and development, 8(2), 135-135.

Soemirat, S. (2014). Komunikasi persuasif.

Sosiawan, E. A. (2020). Penggunaan situs jejaring sosial sebagai media interaksi dan komunikasi di kalangan mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 60-75.

Sudipa, I. G. I., Arsana, I. N. A., & Radhitya, M. L. (2020). Penentuan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap social distancing menggunakan algoritma C4. 5. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 3(1), 1-7.

Surendro, K. (2005). Pengembangan Learning Content Management System yang Mendukung Peningkatan Efektifitas Proses Belajar Jarak Jauh. Jurnal Teknik Elektro, 5(1).

Teguh, M. (2015). Difusi Inovasi dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh di Yayasan Trampil Indonesia.

Tiksnadi, B. B., Sylviana, N., Cahyadi, A. I., & Undarsa, A. C. (n.d.). Olahraga Rutin Untuk Meningkatkan Imunitas Pasien Hipertensi Selama Masa Pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Cardiology.

Yasin, S. (2017). Strategi dan metode pendidikan karakter. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 6(1), 125-143.

Yuliani, H. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Keterampilan Proses dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisis (Studi pada Materi Pembelajaran Fluida Statis untuk Siswa Kelas XI Semester 2 SMA Nege.

Zein, A. (2020). Pendeteksian virus corona dalam gambar x-ray menggunakan algoritma artificial intelligence dengan deep learning python. In ESIT (Vol. 15, No. 1, pp. 19-23).