Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14863Keywords:
keterampilan guru, pengelolaan kelas, tata ruang kelasAbstract
Pengelolaan kelas merupakan kemampuan guru dalam menciptakan serta menjaga kondisi pembelajaran yang optimal, serta mengatasi gangguan yang mungkin muncul dalam proses pengajaran. Pengelolaan kelas merupakan salah satu tanggung jawab utama seorang pendidik yang selalu diperlukan. Karya tulis ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang meningkatkan keterampilan dan kompetensi dalam mengelola kelas. dilaksanakan di Desa Tajur Kecamatan Citeurep pada tanggal 5 Agustus 2023. Program pengabdian kepada masyarakat melibatkan beberapa langkah, yang meliputi: melakukan observasi serta mengkomunikasikan rencana kerjasama kepada mitra, dalam hal ini adalah SDN Tajur 02. Berdasarkan hasil kegiatan pelatihan PTK dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk guru terutama dalam meningkatkan pemahaman tentang mengelola media pembelajaran dan meningkatan kemampuan guru dalam menerapkan pengelolaan kelas. Kemudian hasil dari pelatihan yang telah dilaksanakan, guru memahami bagaimana peran guru dalam mengelola kelas, guru memahami tentang mengelola media pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik , guru memahami perannya sebagai fasilitator dilingkungan sekolah, dan guru mendapatkan ilmu bagaimana caranya menata ruang kelas.
References
Aprison, W. (2021). Kreativitas Guru dan Kemampuan Mengelola Kelas terhadap Pendidikan Agama Islam. 7(2).
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. TADBIR:
Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87-105.
Fahlawi, S. (2017). Manajemen Kelas Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. El-Hikam, 10(1), 112-133.
Hafinda, T. (2021). KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS: UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Al Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 167-182.
Minsih, M., & D, A. G. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS. Profesi Pendidikan Dasar,
(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v 1i1.6144
Pamela, I. S., Chan, F., Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23 30.
Suherman, I., Fauziah, R. S. P., Adri, H. T., Sujana, D. H., Qalbi, R. S., Nurzaini, K., & Rahmawati, T. (2023.). Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building). Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 125-133.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).