Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas

Authors

  • Lisania Pebrianti Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14863

Keywords:

keterampilan guru, pengelolaan kelas, tata ruang kelas

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan kemampuan guru dalam menciptakan serta menjaga kondisi pembelajaran yang optimal, serta mengatasi gangguan yang mungkin muncul dalam proses pengajaran. Pengelolaan kelas merupakan salah satu tanggung jawab utama seorang pendidik yang selalu diperlukan. Karya tulis ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang meningkatkan keterampilan dan kompetensi dalam mengelola kelas. dilaksanakan di Desa Tajur Kecamatan Citeurep pada tanggal 5 Agustus 2023. Program pengabdian kepada masyarakat melibatkan beberapa langkah, yang meliputi: melakukan observasi serta mengkomunikasikan rencana kerjasama kepada mitra, dalam hal ini adalah SDN Tajur 02. Berdasarkan hasil kegiatan pelatihan PTK dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk guru terutama dalam meningkatkan pemahaman tentang mengelola media pembelajaran dan meningkatan kemampuan guru dalam menerapkan pengelolaan kelas. Kemudian hasil dari pelatihan yang telah dilaksanakan, guru memahami bagaimana peran guru dalam mengelola kelas, guru memahami tentang mengelola media pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik , guru memahami perannya sebagai fasilitator dilingkungan sekolah, dan guru mendapatkan ilmu bagaimana caranya menata ruang kelas.

References

Aprison, W. (2021). Kreativitas Guru dan Kemampuan Mengelola Kelas terhadap Pendidikan Agama Islam. 7(2).

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. TADBIR:

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87-105.

Fahlawi, S. (2017). Manajemen Kelas Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. El-Hikam, 10(1), 112-133.

Hafinda, T. (2021). KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS: UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Al Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 167-182.

Minsih, M., & D, A. G. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS. Profesi Pendidikan Dasar,

(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v 1i1.6144

Pamela, I. S., Chan, F., Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23 30.

Suherman, I., Fauziah, R. S. P., Adri, H. T., Sujana, D. H., Qalbi, R. S., Nurzaini, K., & Rahmawati, T. (2023.). Pelatihan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Peningkatan Kapasitas Sekolah (School Capacity Building). Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2), 125-133.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Pebrianti, L. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 183–190. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14863