Pembelajaran Ecobrik Dalam Materi Daur Ulang Sampah Plastik Dan Kain Di SDN Megamendung 03

Authors

  • Megan Asri Humaira Universitas Djuanda
  • Fachrur Razi Amir Universitas Djuanda
  • Dewi Rusydatul Fauziyah Universitas Djuanda
  • Dilla Maria Universitas Djuanda
  • Tuti Kurnia Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14736

Keywords:

sampah anorganik, plastik, ecobrik

Abstract

Sampah adalah masalah terbesar di SDN Megamendung 03, permasalahan sampah juga berasal dari warga sekolah dan akses sekolah yang sangat jauh sehingga pemerintah kesulitan mengangkut sampah tersebut. Salah satunya yaitu sampah anorganik yang sulit untuk diurai, bahkan alam pun tidak akan mendegradasinya sama sekali. Sampah anorganik ini paling banyak dijumpai di kehidupan sehari-hari, seperti plastik. Plastik ialah bahan yang sangat populer yang terutama untuk bahan produksi otomotif. Selain itu, proses penguraian sampah plastik membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghilangkan sampah dari permukaan bumi. Upaya mendaur ulang sampah plastik, khususnya sampah anorganik, dapat dilakukan melalui pembuatan produk serbaguna yaitu ecobrick. Ecobrick merupakan upaya kreatif yang dapat mengubah limbah menjadi produk yang dapat digunakan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolahan sampah plastik dan di jadikan sesuatu yang sangat bermanfaat. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memberi pemahaman kepada anak-anak tentang mendaur ulang sampah plastik yang bisa dijadikan barang yang bermanfaat.

References

Apriyani, A., Putri, M. M., & Wibowo, S.

Y.(2020). Pemanfaatan sampah plastik menjadi ecobrick. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi,1(1),4850. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i1.11

Lestari, N. E., Purnama, A., Safitri, A., Koto, Y., Ners, P. S., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Maju, I. (2020). 45 Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Pemilahan Sampah Pada Anak Usia Sekolah Melalui Metode Simulasi. 01(02), 45–49

Naziyah, S., Akhwani, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3482–3489. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1344

Nufus, H., & Zuriat, Z. (2020). Sosialisasi Dampak Pencemaran Plastik Terhadap Biota Laut Kepada Masyarakat Di Pantai Lhok Bubon Aceh Barat. Jurnal Marine Kreatif, 3(2), 7-13. https://doi.org.1035308/jmk.v3i2.2286

Pramiati Purwaningrum. (2016). Upaya Menguramgi Timbul Sampah Plastik di Lingkungan. The Journal of Immunology, 2(10), 141147. https://doi.org/10.4049/jimmunol.159.10.5053

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Sesrita, A., Anwar, E., & Fadillah, A. (2017). Peningkatan Mutu Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan sebagai Hilirisasi Penelitian Berbasis Tauhid. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1526.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Humaira, M. A., Amir, F. R., Fauziyah, D. R., Maria, D., & Kurnia, T. (2024). Pembelajaran Ecobrik Dalam Materi Daur Ulang Sampah Plastik Dan Kain Di SDN Megamendung 03. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 143–149. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14736