Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Standar CEFR
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14352Keywords:
CEFR, bahan ajar, bahasa ArabAbstract
Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) adalah salah satu kerangka internasional yang digunakan dalam pembelajaran bahasa asing. CEFR dapat membantu pengajar dalam menentukan kurikulum, levelisasi kemahiran berbahasa dan evaluasi pembelajaran bahasa. CEFR telah digunakan dalam pembelajaran berbagai bahasa asing, salah satunya adalah bahasa Arab. Namun demikian, kerangka tersebut masih belum banyak digunakan bahkan belum begitu dikenal oleh banyak institusi pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan adanya sosialiasi dan pelatihan terkait kerangka CEFR. Mitra pengabdian yang dipilih adalah Yayasan Rumah Ilmu dan Bahasa Demak, Jawa Tengah. Lembaga tersebut berfokus pada pembelajaran bahasa asing, khususnya Arab dan Inggris dan telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan di Jawa Tengah. Dengan melihat peran penting yayasan tersebut, pelatihan penyusunan bahan ajar bahasa Arab berbasis CEFR menjadi hal yang diperlukan untuk mengembangkan bidang pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. Metode pengabdian dimulai dengan survei lokasi supaya pengabdi bisa melakukan analisis masalah. Kemudian hasil diskusi dengan direktur lembaga dirumuskan menjadi sebuah desain pengabdian beserta dengan solusi masalahnya. Sedangkan hasil pengabdian ini adalah bahan ajar berbasis CEFR yang digunakan oleh Yayasan Rumah Ilmu dan Bahasa.
References
Alfarisi, S., & Septiawati, A. (2023). Kesesuaian pencapaian pembelajaran maharah kalam pada kurikulum pembelajaran bahasa arab jsit dengan cefr suitability of maharah kalam learning achievement in jsit arabic learning curriculum with cefr. 19(2).
Dewi, R. P. (2016). Pengembangan Buku Ajar Pemula Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Berbasis Cefr Rishe Purnama Dewi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 3, 21–40.
Harsch, C., Rupp, A. A., & Rupp, A. A. (2011). Designing and Scaling Level-Specific Writing Tasks in Alignment With the CEFR : A Test-Centered Approach Designing and Scaling Level-Specific Writing Tasks in Alignment With the CEFR : A Test-Centered Approach. 4303. https://doi.org/10.1080/15434303.2010.535575
Maulida, D. L. S. (2024). Designing a Syllabus of Writing Course Integrated by ICT Competencies and CEFR for English Education Study Program. 06(01), 158–170.
Rohman, H., & Rosyadi, F. I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Common European Framework of Reference ( CEFR ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab Siswa Development of Arabic Teaching Materials Based on the Common European Framework of Reference ( CEFR ) to Improve. Al Mahāra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 1–21.
Shabur, A., & Amadi, M. (2023). Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital : Sistematic Literature Review Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital : 1(3).
Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 127. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.764
Talqis, N. (2020). Kompetensi Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. In Yogyakarta: Zahir Publishing.
Taufiqurrochman, R. (2019). The Use of Arabic Electronic Dictionaries in The Industrial Revolution Era 4.0. EasyChair Preprint, 1–5. https://wwww.easychair.org/publications/preprint_download/P6Jk
Yahya, Y. K., Mahmudah, U., Muhyiddin, L., Gontor, U. D., & Gontor, U. D. (2020). De-sakralisasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia : Analisis Bahasa sebagai Identitas Agama. 3(2), 57–70.
Yasin, Y., Haroon, H. A., Abdullah, S., & Mahadi, R. (2023). Kajian Bagi Menyelaraskan Ujian Penulisan Kepada Common European Framework Of Reference (CEFR). 12, 120–124.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).