Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Standar CEFR

Authors

  • Akbar Syamsul Arifin Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14352

Keywords:

CEFR, bahan ajar, bahasa Arab

Abstract

Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) adalah salah satu kerangka internasional yang digunakan dalam pembelajaran bahasa asing. CEFR dapat membantu pengajar dalam menentukan kurikulum, levelisasi kemahiran berbahasa dan evaluasi pembelajaran bahasa. CEFR telah digunakan dalam pembelajaran berbagai bahasa asing, salah satunya adalah bahasa Arab. Namun demikian, kerangka tersebut masih belum banyak digunakan bahkan belum begitu dikenal oleh banyak institusi pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan adanya sosialiasi dan pelatihan terkait kerangka CEFR. Mitra pengabdian yang dipilih adalah Yayasan Rumah Ilmu dan Bahasa Demak, Jawa Tengah. Lembaga tersebut berfokus pada pembelajaran bahasa asing, khususnya Arab dan Inggris dan telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan di Jawa Tengah. Dengan melihat peran penting yayasan tersebut, pelatihan penyusunan bahan ajar bahasa Arab berbasis CEFR menjadi hal yang diperlukan untuk mengembangkan bidang pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. Metode pengabdian dimulai dengan survei lokasi supaya pengabdi bisa melakukan analisis masalah. Kemudian hasil diskusi dengan direktur lembaga dirumuskan menjadi sebuah desain pengabdian beserta dengan solusi masalahnya. Sedangkan hasil pengabdian ini adalah bahan ajar berbasis CEFR yang digunakan  oleh Yayasan Rumah Ilmu dan Bahasa.

References

Alfarisi, S., & Septiawati, A. (2023). Kesesuaian pencapaian pembelajaran maharah kalam pada kurikulum pembelajaran bahasa arab jsit dengan cefr suitability of maharah kalam learning achievement in jsit arabic learning curriculum with cefr. 19(2).

Dewi, R. P. (2016). Pengembangan Buku Ajar Pemula Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Berbasis Cefr Rishe Purnama Dewi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 3, 21–40.

Harsch, C., Rupp, A. A., & Rupp, A. A. (2011). Designing and Scaling Level-Specific Writing Tasks in Alignment With the CEFR : A Test-Centered Approach Designing and Scaling Level-Specific Writing Tasks in Alignment With the CEFR : A Test-Centered Approach. 4303. https://doi.org/10.1080/15434303.2010.535575

Maulida, D. L. S. (2024). Designing a Syllabus of Writing Course Integrated by ICT Competencies and CEFR for English Education Study Program. 06(01), 158–170.

Rohman, H., & Rosyadi, F. I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Common European Framework of Reference ( CEFR ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Arab Siswa Development of Arabic Teaching Materials Based on the Common European Framework of Reference ( CEFR ) to Improve. Al Mahāra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 1–21.

Shabur, A., & Amadi, M. (2023). Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital : Sistematic Literature Review Perkembangan Pendidikan Bahasa Arab di Era Digital : 1(3).

Syaifullah, M., & Izzah, N. (2019). Kajian Teoritis Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 127. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.764

Talqis, N. (2020). Kompetensi Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. In Yogyakarta: Zahir Publishing.

Taufiqurrochman, R. (2019). The Use of Arabic Electronic Dictionaries in The Industrial Revolution Era 4.0. EasyChair Preprint, 1–5. https://wwww.easychair.org/publications/preprint_download/P6Jk

Yahya, Y. K., Mahmudah, U., Muhyiddin, L., Gontor, U. D., & Gontor, U. D. (2020). De-sakralisasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia : Analisis Bahasa sebagai Identitas Agama. 3(2), 57–70.

Yasin, Y., Haroon, H. A., Abdullah, S., & Mahadi, R. (2023). Kajian Bagi Menyelaraskan Ujian Penulisan Kepada Common European Framework Of Reference (CEFR). 12, 120–124.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Arifin, A. S. (2024). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Standar CEFR . Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 108–113. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.14352