Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Serta Minat Baca Peserta Didik Melalui Pojok Baca dan Bimbingan Membaca

Authors

  • Adryan Novanda Universitas Djuanda
  • Radif Khotamir Rusli Universitas Djuanda
  • Shabrina Azzahra Universitas Djuanda
  • Windy Apriliani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.13466

Keywords:

Pojok Baca, Bimbingan Membaca, Minat Baca

Abstract

Kepada masyarakat atau masyarakat luas. Pengabdian ini dilakukan di PAUD Mentari dan MIS At-Taufiq yang berlokasi Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat minat baca dan kemampuan membaca peserta didik. membaca merupakan modal utama bagi
peserta didik untuk membuka masa depan yan cerah, namun kondisi di lapangan masih banyak peserta didik yang kurang berminat terhadap buku dikarenakan proses membaca mereka masih lamban. Metodologi yang digunakan mencakup langkah langkah seperti perencanaan program, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Metodologi juga mencakup strategi dan teknik yang digunakan dalam proses pengabdian, seperti pembentukan pojok baca, bimbingan membaca, penyediaan buku, dan interaksi dengan peserta didik. Hasil menunjukan bahwa
peserta didik mengalami peningkatan secara perlahan dalam kemampuan membaca sehingga minat baca terhadap buku juga ikut meningkat.

References

Hadi, I. A. (2019). Pentingnya pendidikan karakter dalam lembaga formal. Jurnal Inspirasi, 3(1). 1-31.

Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1-6.

Mulasih, M., & Hudhana, W. D. (2020). Urgensi Budaya Literasi Dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 19-23.

Romadhon, A. C. (2020). Pentingnya membaca dan menulis serta kaitannya dengan kemajuan peradaban bangsa. 1-11.

Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Novanda, A., Rusli, R. K., Azzahra, S., & Apriliani, W. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Serta Minat Baca Peserta Didik Melalui Pojok Baca dan Bimbingan Membaca. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 115–124. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.13466