Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Serta Minat Baca Peserta Didik Melalui Pojok Baca dan Bimbingan Membaca
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i2.13466Keywords:
Pojok Baca, Bimbingan Membaca, Minat BacaAbstract
Kepada masyarakat atau masyarakat luas. Pengabdian ini dilakukan di PAUD Mentari dan MIS At-Taufiq yang berlokasi Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat minat baca dan kemampuan membaca peserta didik. membaca merupakan modal utama bagi
peserta didik untuk membuka masa depan yan cerah, namun kondisi di lapangan masih banyak peserta didik yang kurang berminat terhadap buku dikarenakan proses membaca mereka masih lamban. Metodologi yang digunakan mencakup langkah langkah seperti perencanaan program, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Metodologi juga mencakup strategi dan teknik yang digunakan dalam proses pengabdian, seperti pembentukan pojok baca, bimbingan membaca, penyediaan buku, dan interaksi dengan peserta didik. Hasil menunjukan bahwa
peserta didik mengalami peningkatan secara perlahan dalam kemampuan membaca sehingga minat baca terhadap buku juga ikut meningkat.
References
Hadi, I. A. (2019). Pentingnya pendidikan karakter dalam lembaga formal. Jurnal Inspirasi, 3(1). 1-31.
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1-6.
Mulasih, M., & Hudhana, W. D. (2020). Urgensi Budaya Literasi Dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(2), 19-23.
Romadhon, A. C. (2020). Pentingnya membaca dan menulis serta kaitannya dengan kemajuan peradaban bangsa. 1-11.
Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1-9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).