Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sdn Sukamanah 01 Melalui Pengajian Rutin

Main Article Content

Siti Novi Nurkomala
Misrina Salsabila
Isti Ghifari
Hesti Salsabillah
Neneng Alfiyani
Leni
Ade Raihan
Didin Syamsudin

Abstract

Di era saat ini perkembangan teknologi semakin maju dan membawa pengaruh budaya asing masuk ke dalam lingkungan masyarakat. Pendidikan sangat dibutuhkan untuk menjadi tameng terkuat agar dapat menjaga karakter masyarakat sehingga tidak mudah terpengaruh hal-hal negatif seiring berkembangnya zaman. Karakter merupakan sikap pada seseorang, karakter yang baik sangat penting dibentuk dan ditanamkan pada siswa SD. Kegiatan Pengajian yang dilasanakan di SDN Sukamanah suatu program yang sudah diterapkan dan dilaksanakan setiap 1 minggu sekali pada hari Jum’at pagi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai karakter siswa melalui pembiasaan pengajian rutin setiap hari Jum’at di SDN Sukamanah 01 Desa Sukaresmi, Kecamatan Megamendung. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian bahwa kegiatan pengajian rutin di SDN Sukamanah 01 memberikan pengaruh baik dalam penguatan pendidkan karakter melalui pembiasan pengajian rutin yang dilaksanakan setiap hari Jum’at ialah siswa dapat lebih disiplin dan tertib dalam mengikuti kegiatan yang dilasanakan di sekolah serta mampu bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari guru, peningkatan dalam ahklak dan sopan santun kepada orangtua dan guru. Ada beberapa karakter yang terbentuk dalam diri siswa berkenaan dengan pembiasaan pengajian rutin yaitu karakter: religius, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab.

Article Details

How to Cite
Siti Novi Nurkomala, Misrina Salsabila, Isti Ghifari, Hesti Salsabillah, Neneng Alfiyani, Leni, Ade Raihan, & Didin Syamsudin. (2024). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sdn Sukamanah 01 Melalui Pengajian Rutin. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 14–21. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.11445
Section
Articles

References

Alwi, R. (2021). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN PERUMAHAN KANSAS MADANI BOGOR. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 1(1), 39-44.

Efendy Rustan, Irmwaddah . (2021). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa .

Fiantika, F. R. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif . PT. Global Eksekutif Teknologi .

Mu'in, F. (2019). Pendidikan Karakter: PERSPEKTIF TEORETIS DAN GAGASAN PRAKTIS. (N. N.

Prasadini, Ed.) Banjarbaru, Kalimantan Selatan: Scipta Cendekia.

Putri Embarianiyati, Diana. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar.

Rahmat, A. (n.d.). Pengantar Pendidikan. Ideas PUBLISHING.

Sofyan Mustoip, Muhammad Japar Zulela Ms. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. (B. Daz, Ed.)

Surabaya: CV.Ja

Amalia Muthia Khansa, Ita Utami, Elfrida Devianti. (2020, Maret). Analisis Pembentukan Karakter Siswa Di SDN Tangerang 15. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 158-179.

Ningsih, D. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. (A. W. Hidayat, Ed.) Purwokerto: STAIN Press.

Rahma Nurbaiti, Susiati Alwy, Iman Taulabi. (2020, Maret). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. Journal of Islamic Elementary Education, 1.