Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sdn Sukamanah 01 Melalui Pengajian Rutin
DOI:
https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.11445Keywords:
Pendidikan, Karakter, PengajianAbstract
Di era saat ini perkembangan teknologi semakin maju dan membawa pengaruh budaya asing masuk ke dalam lingkungan masyarakat. Pendidikan sangat dibutuhkan untuk menjadi tameng terkuat agar dapat menjaga karakter masyarakat sehingga tidak mudah terpengaruh hal-hal negatif seiring berkembangnya zaman. Karakter merupakan sikap pada seseorang, karakter yang baik sangat penting dibentuk dan ditanamkan pada siswa SD. Kegiatan Pengajian yang dilasanakan di SDN Sukamanah suatu program yang sudah diterapkan dan dilaksanakan setiap 1 minggu sekali pada hari Jum’at pagi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai karakter siswa melalui pembiasaan pengajian rutin setiap hari Jum’at di SDN Sukamanah 01 Desa Sukaresmi, Kecamatan Megamendung. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian bahwa kegiatan pengajian rutin di SDN Sukamanah 01 memberikan pengaruh baik dalam penguatan pendidkan karakter melalui pembiasan pengajian rutin yang dilaksanakan setiap hari Jum’at ialah siswa dapat lebih disiplin dan tertib dalam mengikuti kegiatan yang dilasanakan di sekolah serta mampu bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari guru, peningkatan dalam ahklak dan sopan santun kepada orangtua dan guru. Ada beberapa karakter yang terbentuk dalam diri siswa berkenaan dengan pembiasaan pengajian rutin yaitu karakter: religius, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab.
References
Alwi, R. (2021). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PENGAJIAN ANAK-ANAK DI LINGKUNGAN PERUMAHAN KANSAS MADANI BOGOR. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 1(1), 39-44.
Efendy Rustan, Irmwaddah . (2021). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa .
Fiantika, F. R. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif . PT. Global Eksekutif Teknologi .
Mu'in, F. (2019). Pendidikan Karakter: PERSPEKTIF TEORETIS DAN GAGASAN PRAKTIS. (N. N.
Prasadini, Ed.) Banjarbaru, Kalimantan Selatan: Scipta Cendekia.
Putri Embarianiyati, Diana. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar.
Rahmat, A. (n.d.). Pengantar Pendidikan. Ideas PUBLISHING.
Sofyan Mustoip, Muhammad Japar Zulela Ms. (2018). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. (B. Daz, Ed.)
Surabaya: CV.Ja
Amalia Muthia Khansa, Ita Utami, Elfrida Devianti. (2020, Maret). Analisis Pembentukan Karakter Siswa Di SDN Tangerang 15. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 158-179.
Ningsih, D. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. (A. W. Hidayat, Ed.) Purwokerto: STAIN Press.
Rahma Nurbaiti, Susiati Alwy, Iman Taulabi. (2020, Maret). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. Journal of Islamic Elementary Education, 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).