Pengembangan Manajemen Perpustakaan Sebagai Pusat Pembelajaran Komprehensif di Lingkungan SDN Bendungan 01

Main Article Content

Hamurdani
Patimah
Zahra Khusnul Lathifah

Abstract

Perpustakaan yang dimiliki SDN Bendungan 01 adalah aset berharga dalam mendukung pembelajaran komprehensif. Meskipun memiliki potensi perpustakaan yang cukup baik. Namun, perpustakaan di SDN Bendungan 01 juga menghadapi sejumlah permasalahan yang memerlukan pengembangan dan perhatian serius. Berdasarkan hal tersebut, tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk pengembangan manajemen perpustakaan sebagai pusat pembelajaran komprehensif di lingkungan SDN Bendungan 01. Metode dalam pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu identifikasi permasalahan, penentuan tujuan, perancangan program, keterlibatan stakeholder, pelaksanaan program, monitoring dan evaluasi, serta pelaporan dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa Pengembangan manajemen perpustakaan melibatkan beberapa tahapan penting, termasuk inventarisasi, katalogisasi, pemeliharaan, dan perawatan. Inventarisasi dan katalogisasi memungkinkan pengelolaan koleksi buku menjadi lebih efisien dengan proses pengumpulan data, klasifikasi, pengindeksan, dan penyimpanan data yang akurat. Pemeliharaan serta perawatan buku bertujuan untuk menjaga koleksi dalam kondisi baik, meningkatkan pelayanan, dan mengurangi kerugian. Hasil dari upaya ini di SDN Bendungan 01 mencakup pembentukan database yang rinci, peningkatan aksesibilitas, koleksi yang terjaga dengan baik, pelayanan yang ditingkatkan, dan efisiensi operasional. Dengan demikian, manajemen perpustakaan yang efektif berperan dalam mendukung pembelajaran yang lebih baik dan relevan, menjadikan perpustakaan di SDN Bendungan 01 sebagai pusat pembelajaran yang komprehensif.

Article Details

How to Cite
Hamurdani, Patimah, & Zahra Khusnul Lathifah. (2024). Pengembangan Manajemen Perpustakaan Sebagai Pusat Pembelajaran Komprehensif di Lingkungan SDN Bendungan 01. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10357
Section
Articles

References

Harys, K. (2017). Dampak Sistim Penentuan Kosa Kata Indeks Pada Karya Monograf Terhadap Temu Balik Informasi Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Jambi. Baitul'Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Luthfiyah, F. (2015). Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan layanan perpustakaan. El-Idare: Jurnal

Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 189-202.

Rahmayani, A. A. (2020). Kajian literatur desain perpustakaan ramah disabilitas. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 15(1), 75-96.

Rokan, M. R. (2017). Manajemen perpustakaan sekolah. Jurnal Iqra, 11(01).

Sembiring, D. A., & Aryesam, A. (2022). Inventarisasi Koleksi (Stocktoking) Buku Perpustakaan di SMP Papua Kasih. NOKEN: Jurnal Pengelolaan Pendidikan, 3 (1), 12-20

Setiawan, A., Astuti, I. F., & Kridalaksana, A. H. (2016). Klasifikasi dan pencarian buku referensi akademik menggunakan metode naïve bayes classifier (nbc)(studi kasus: perpustakaan daerah provinsi kalimantan timur). Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 10(1), 1-10.

Supriatna, U. S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Komprehensif dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(1), 319-333.