Implementasi Metode Bermain dan Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dasar pada anak-anak Desa Cipambuan

Main Article Content

Mara Irpan Pane
Muhammad Ichsan
Ilma Agnia Ardiawati

Abstract

Penelitian ini menjadikan bernyanyi sebagai metode pengajaran dalam pembelajaran Bahasa Arab bagi anak-anak desa Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang. Penelitian ini berfokus pada peningkatan berbagai keterampilan berbahasa, termasuk menulis (kitabah), mendengarkan (istima'), membaca (qiraah), dan berbicara (kalam), melalui penggunaan lirik lagu dalam bahasa Arab. Metode bernyanyi ialah siswa mempelajari kosa-kata Bahasa Arab dengan menyanyikan lagu-lagu dengan lirik sederhana. Selain itu, permainan kosa-kata digunakan, seperti mengaitkan kata dengan tindakan untuk meningkatkan keterlibatan dan retensi. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab siswa sambil membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan. Penelitian ini juga membahas signifikansi metode pengajaran dalam pemerolehan bahasa, dengan menekankan bahwa pilihan metode sangat memengaruhi minat dan motivasi siswa. Ini menyoroti pentingnya menggabungkan berbagai strategi pengajaran untuk menciptakan pengalaman pembelajaran bahasa yang komprehensif. penelitian ini juga menekankan bahwa bernyanyi, tidak dijadikan sebagai satu-satunta. Tetapi salah satunya sehingga metode ini di kombinasikan dengan metode-metode lainnya dalam satu kali pembelajaran. Temuan menunjukkan bahwa metode bernyanyi dan bermain memiliki efek positif pada keterampilan bahasa Arab siswa, memperkaya kosakata mereka, meningkatkan pengucapan, meningkatkan pemahaman mendengarkan, dan meningkatkan motivasi secara keseluruhan.

Article Details

How to Cite
Irpan Pane, M. ., Ichsan, M., & Ardiawati, I. A. (2024). Implementasi Metode Bermain dan Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dasar pada anak-anak Desa Cipambuan. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 89–99. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10286
Section
Articles

References

Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24-31.

Ayu, D. K. (2022). Pembelajaran mufrodat bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Kabupaten Magetan. MUHIBBUL ARABIYAH. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 115-133.

Daniswara, D. A. (2020, July). Pelaksanaan Kegiatan “Muhadharah” Di Beberapa Pondok Modern Sebagai Upaya Untuk Melatih “Maharah Kalam” Para Santri. In International Conference of Students on Arabic Language. 4, pp. 235-244.

Durtam, D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Berbasis Tema Pada Anak Usia Dini. AWLADY. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 98-114.

Durtam, D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Berbasis Tema Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 98-114.

Durtam, D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Berbasis Tema Pada Anak Usia Dini. AWLADY: . Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 98-114.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Haryanti, F. (2021). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III A Pada Pembelajaran Matematika (Perkalian) Di MI Al Mursyidiyyah (Bachelor's thesis).

Mawardini, A. S. (2023). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 5 Madrasah Ibtidayyah Ulil Amri. Educivilia. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(2).

Nisa, R. V. (2018). Peranan Madrasah Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Internasional. An Nabighoh. 19(2), 225-248.

Pane, A. (2018). Urgensi Bahasa Arab; Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Agama Islam. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial,. 2(1).

Qomaruddin, A. (2017). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran MufradÄ t. Jurnal Kependidikan, 5(1), 20-28.

Qomaruddin, A. (2017). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran MufradÄt. Jurnal Kependidikan, 5(1), 20-28.