Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MI Amaliyah Desa Sukakarya Melalui Sosialisasi Pengelolaan Kelas Dengan Metode Dan Media Pembelajaran Kreatif

Main Article Content

Siti Uswatun Khasanah
Mirna Sukoyati
Erika Chunju Nurannisa
Rasmitadila

Abstract

Tujuan dari program pengabdian ini adalah mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra. Permasalahan spesifik yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan para guru di MI Amaliyah Dusun Cijulang, Desa Sukakarya, tentang pengelolaan kelas dengan metode dan media pembelajaran kreatif. Hal ini mengakibatkan kurangnya semangat belajar siswa di MI Amaliyah. Metode pelaksanaan program pengabdian ini secara garis besar adalah dengan menggunakan penelitian tindakan (Action Research). Tindakan yang diambil oleh tim KKN-T adalah melaksanakan sosialisasi mengenai pengelolaan kelas dengan metode dan media pembelajaran kreatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Evaluasi efektivitas pelatihan dilakukan melalui dua penilaian, yaitu evaluasi melalui observasi langsung dan evaluasi berdasarkan hasil belajar siswa. Hasil evaluasi program pengabdian ini menunjukkan peningkatan kemampuan para guru di MI Amaliyah dalam merancang pembelajaran yang kreatif dan menarik. Mereka juga lebih terampil dalam menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kreativitas siswa, partisipasi, motivasi belajar, dan perubahan sikap.

Article Details

How to Cite
Uswatun Khasanah, S. ., Sukoyati, M. ., Chunju Nurannisa, E. ., & Rasmitadila. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MI Amaliyah Desa Sukakarya Melalui Sosialisasi Pengelolaan Kelas Dengan Metode Dan Media Pembelajaran Kreatif. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 70–80. https://doi.org/10.30997/ejpm.v5i1.10270
Section
Articles

References

Agustiningsih. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam daam Membangun Interaksi. Rajawali Press.

Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA, 4(1), 24–31.

Agustiningsih. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam daam Membangun Interaksi. Rajawali Press.

Ahyat, N. (2017). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam. EDUSIANA, 4(1), 24–31.

Hanannika, L. K., & Sukartono. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379–6386.

Hasan. (2009). Acton Research : Desain Penelitian Integratif Untuk Mengatasi Permasalahan Masyarakat. AKSES : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(8).

Mukarromah, A. M. A. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1).

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2).

Rani. (2016). Pengelolaan Kelas Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Di SMPN 3 Tanjung Raya Maninjau. 1.

Syaiful Bahri Djamrah. (2006). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.

Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Widiyono, A. (2020). Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru Terhadap Proses Pembelajaran Di Sdn 02 Banjaran Jepara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 55–63. https://doi.org/10.30595/.v1i2.8522.

Wijaya, & Dedi. (2001). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Indeks.